08 February 2009

Backpacking: Situ Gunung dan Curug Sawer, 17 & 18 Jan 2009

Jumat malem dapet sms dari mba Eko ngajakin jalan nyari makan alias wisata kuliner ke daerah Sukabumi trus jalan ke Situ Gunung. Awalnya males juga karena pengen istirahat dan penghematan juga karena gw baru balik dari Bali dan target tabungan gw di tahun 2008 ga tercapai sama sekali dan bahkan jauh di bawah target hiksss… Gw SMS mba Eko nanyain siapa yang ikut dan berapa budgetnya. 4 orang dengan budget maksimal 100rb. Ya udah, gw ok, secara sehari aja di kosan doang bisa habis 50.000 untuk makan 3 kali.

Sabtu pagi jam 10 mba Eko jemput gw di depan halte Gunadarma Margonda dengan mobil Avanza miliknya… Deg-deg an banget, karena mba Eko baru bisa bawa mobil, asli gw ga tenang banget apalagi waktu masuk tol menuju daerah Klender untuk jemput Faisal dan Mba Woro. Disalip terus di jalan tol dan kami hanya bisa ngikut truk dari belakang dengan alasan keselamatan. Setelah ketemuan dengan Faisal dan Mba Woro di MC Donald Raden Inten perjalanan dilanjutkan menuju Situ Gunung, dan itu udah jam 12 siang, kali ini mobil dikendarai oleh mba Woro, sukurlah… ;) *maaf mba Eko…*, oh ia, gw ma Faisal blon lancar bawa mobil…

Keluar dari Tol Ciawi menuju daerah Sukabumi macet…cet..cet… Untung Mba Woro bawa mobilnya gaya supir angkot, pinggir jalan juga di hajar supaya cepet sampai. Udah kayak angkot ajah hehehee… Tapi kalo ga gini emang macet bangetttt… Jam tengah 3 berhenti dulu untuk makan siang, masakan Sunda nya enak juga, tapi relatif mahal *menurut itungan gw*, tapi masih dalam taraf normal lah…

Perjalanan dilanjutkan menuju tujuan utama, Situ Gunung, kirain masih deket ga taunya masih jauh, 3 kali berhenti untuk nanya penduduk sekitar dimana simpang masuk ke Situ Gunung, karena based on info yang kami punya nanti ada pasar Cisaat dan masuk ke kiri. Pasar Cisaat sendiri hanya berjarak kurang 10 km dari kota Sukabumi, jadi untuk mencapai kesana arahnya persis sama dengan arah ke Sukabumi. Warning, hari Sabtu Minggu jalanan ke arah Sukabumi itu macet…cet…cet…apalagi banyak pasar yang akan dilewati. So kalau mau jalan mending jalan pagi aja untuk menghindari macet. Setelah ketemu pasar Cisaat belok aja ke kiri dan jalan terus sampai mentok *jalan means naek kendaraan ya*. Dari informasi yang gw baca di beberapa blog ada juga angkot dari pasar Cisaat menuju Situ Gunung, untuk ongkos, maaf, gw ga tau…

Situ Gunung
Jam 16:30 kami tiba di Situ Gunung dengan membayar retribusi sebesar Rp. 7.000. Situ Gunung sendiri masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango. Ada 2 tempat tujuan utama kalau berkunjung kesini, Situ Gunung dan Curug Sawer.

Situ Gunung sendiri menurut gw biasa aja, airnya warnanya ga jernih, cuma view nya bagus dengan backgorund gunung Gede Pangrango. Karena kami tiba disana udah kesorean, daerah Situ Gunung udah mulai gelap, jadinya ga bisa berlama-lama disana, karena masih pengen ngejar ke Curug Sawer. Para fotografer katanya seneng juga berkunjung ke Situ Gunung untuk hunting, tapi biasanya mereka tiba pagi hari saat embun masih menyelimuti daerah Situ Gunung, hasilnya lebih keren. Dan katanya sih disini sering shooting sinetron gitu…

Pla, Mba Woro, Mba Eko, Faisal
Sayang kami tiba udah kesorean, rencana ke Curug Sawer jadinya batal setelah minta pertimbangan dari petugas di Situ Gunung. Dari pintu masuk Situ Gunung menuju Curug Sawer berjarak 2.5 km, kalau trekking makan waktu 1 jam lebih dan 2 jam pulang pergi paling cepet… Bisa naek ojek juga sih, dengan jalur yang berbeda tentunya, dengan tarif 25rb per motor. Huh, mahal! Mana disana Cuma bentar aja entar, so we dediced no for this time. Dan kita balik.

Rancamaya
Sewaktu keluar dari tol Ciawi dan terkena macet waktu mau berangkat tadi, Faisal dapet ide untuk singgah di Rancamaya, rumah Mba Bian, ex teman kantor, Marketing Manager Sustagen. Trus gw sms-sms an ama mba Bian, dan dia MUNGKIN ada di rumah malem hari di atas jam 7-an, karena jam 4 beliau ada acara di Jakarta. Sepulang dari Situ Gunung, gw sms-sms an lagi, nanya apa mba Bian udah di rumah, dan yes, beliau bisa… Trus sms lagi deh, “mba siapin makanan ya, makanan berat, kami 4 backpacker kere…”, dan mba Bian balas “yang ada indomie aja, ga pa pa ya…ga sempet masak nih…”.

Rumah Mba Bian
Jam 8 malem ditengah hujan yang relatif sedang kami tiba di Rancamaya, luas juga areal perumahan ini, rumah mba Bian sendiri jauh banget, 5 km masuk ke dalam. Kami sampai nyasar dikit nyarinya. Pesan mba Bian “Dari gerbang depan, jalan terus, ketemu gerbang kedua, lurus aja terus…lewat Club House, trusss…sampai mentok, trus ke kiri, hitung polisi tidur ketiga, trus ke kiri, dari sana tanya aja satpam, rumah pak Musin dimana…”. Wessss…akhirnya nyampe juga…

Mba Bian udah menunggu kami…wah…rumahnya asik sekali… open air, konsep rumah yang gw suka. Ga perlu AC, udah dingin, dan sangat terbuka. Keren banget deh rumah Mba Bian, mana ada secret place gitu…huaaa… Faisal sampai ngusulin untuk nginep di rumah Mba Bian hehehee… I love this kind of house…

Pla, Mba Bian, Mba Eko, Faisal
Jam stengah sebelas malem pulang dari Rancamaya, trus di mobil ngebahas gimana kalo besok pagi jalan lagi ke Situ Gunung khusus ke Curug Sawer, karena semua pada penasaran jadinya agree untuk jalan ke Curug Sawer minggu pagi. Faisal nginep di kosan gw dan mba Woro nginep di rumah Mba Eko, jadi semua nginep di Depok dan bisa berangkat pagi ke Curug Sawer.

Curug Sawer
Janjian jam 6 pagi akhirnya molor hampir jadi jam 7 menuju Curug Sawer. Tapi masih pagi, jalanan lancar banget, keluar tol Ciawi hanya makan waktu setengah jam, dan nyampe di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango jam 9 kurang gitu.

4 Backpacker ;)
Kami kembali bayar retribusi di pintu masuk, petugasnya beda, coba kalau sama, kami udah mau ngomong, pak lanjutan yang kemaren nih, hehehe… Kami mulai trekking, dan makan waktu 1 jam untuk trekking 2.5 km menuju Curug Sawer. Medan nya seru juga, naek turun, berbatu dan licin. Seru..seru…trekking sambil jepret jepret… Assssiikkk..

Curug Sawer airnya deras juga, walau ketinggiannya menurut perkiraan gw hanya 5 meter. Airnya dingin dan seger. Apa karena lagi musim hujan ya makanya airnya deras gini? Mba Eko dan Mba Woro seru juga tuh maen di air, Mba Woro sendiri abis jeprat jepret dengan kamera Canon-nya berendam tuh…

Jam 11 balik dari Curug Sawer dengan jalur trekking yang berbeda. Kali ini jaraknya ga terlalu jauh paling 1 – 1.5 km, karena titik akhir bukan di pintu masuk ke Situ Gunung, gw lupa namanya. Dari sana kami dijemput oleh mba Woro, mba Woro balik naek ojek ke pintu masuk, kecapean katanya…

Jam 12 balik ke Jakarta, tapi singgah dulu makan siang di Sate Kiloan. Jam 3 nyampe di Jakarta. Trus balik ke Depok naek kereta dari stasiun Tebet