18 May 2009

Semarang & Karimun Jawa, 8 – 13 April 2009 - part 1


Ada long weekend nih di April, yuk mari… Sesuai rencana backpacking kali ini menuju gugusan pulau di atas Semarang dan Jepara, Karimun Jawa. Faisal nyiapin itinerary seperti biasa, dan mulai share lewat Message di Facebook. Rencana awal dari 9 – 13 April, tapi karena Pemilu libur nasional, schedule berubah jadi berangkat 8 April. Setelah musim pendaftaran berlalu, akhirnya hanya berhasil mengumpulkan 6 peserta. Dan itu pun terjadi pergantian peserta, karena ibu Meriem seperti biasa ber-manifestasi aneh-aneh kalau udah jelang backpacking, alhasil dia sakit radang tenggorokan dan harus istirahat…tapi karena bandel juga sih, ga masuk kantor sehari, trus maksain masuk besoknya, yang ternyata membuatnya lebih tepar lagi dan batal ikut ke Karimun. Lain lagi dengan Ryan, yang sok ngerasa penting banget… :P. Dari awal tarik ulur antara ikut dan engga. Hari keberangkatan, siang, gw telpon dia, dan dengan malesnya dia bilang “kenapa sih gw harus ikut? Ga seru ya kalo ga ga ikut??” What???? Dengan nyantai gw jawab “Yan, di only reason is kita butuh orang buat cost sharing…wakakakkaa…”, dia pun terdiam. Then finally dia ikut juga, mba Deny kasih kabar ke gw dengan mem-forward sms Ryan yang bilang ikut dan pura2 mau buat surprise… Sok-sok mau buat surprise hanya ngasih tau mba Deny kepastian berangkat, dia ga tau aja gw yang ke stasiun Senen beliin tiket, gimandang kalo gw hanya beli 5 tiket? Berangkat sendiri deh dia ke Semarang, poor you..! hehehe…

Okeh…lanjut…atas request Faisal, seminggu sebelum keberangkatan, gw udah telpon seseorang bernama Mas Ari, atas rekomendasi teman Faisal yang sering ke Karimun Jawa. Gw booking penginapan dan nanya2 informasi mengenai keberangkatan ke Karimun Jawa. Booking perahu juga buat transport antar pulau di Karimun Jawa. Aman untuk di Karimun Jawa-nya.

Day 1 – Rabu, 8 April 2009, Keberangkatan dari Terminal Rawamangun
Rencana awal naek kereta dari stasiun Senen, tapi apa daya, gw udah bela-belain jam 5 teng keluar dari kantor (yang sangat jarang sekali terjadi selama 2.5 tahun kerja di MJ) buat ngejar beli tiket, tapi apalah dayaku, aku hanya manusia biasa, tiket yang tersisa Jakarta – Semarang baik ekonomi maupun bisnis hanya tiket non-seat, alias tiket berdiri, poor us…! Sehari sebelum mba Deny udah usaha juga ke stasiun Senen buat booking, ternyata tiket bookingan udah habis juga, harus beli pas hari H. Ya sudah… Abis itu gw contact-contact an dengan Faisal sebagai EO dan decision maker, akhirnya diputuskan untuk naek bis saja dari terminal Pulau Gadung.



Gw dengan menggunakan jasa TransJakarta aka busway menuju terminal Pulo Gadung, antrian panjang di Halte Senen, bete deh…mana tas berat lagi… Mba Deny yang kantornya di daerah Pulo Gadung duluan ke terminal. Sekalian nanyain informasi bis ke Semarang. Setelah ketemu, seperti biasa, para penumpang bak artis terkenal akan dikerubutin oleh para kenek or calo tiket dengan agak memaksa untuk naek bis mereka. Kita jalan aja lempeng ke dalam nyari warung makan. Sial deh mereka… Kemudian Jo nyusul tiba di terminal. Bertiga masuk warung mau mesen makan, eh nasi nya abis…warung yang laen da pada tutup. Sambil nongkrong di halte terminal, nanya2 orang sekitar dan para kenek disana mengenai bis ke Semarang dan harga tiket. Katanya ekonomi ke Semarang itu tiketnya Rp. 110.000 itu pun udah mau habis, trus bisnis itu Rp. 190.000, fiuh mahalll… 

Kita gali info lebih banyak, mba Deny punya teman orang Semarang, dan kasih saran mending dari terminal Rawamangun karena bis nya ampe malam jam 12-an juga ada katanya, kalau dari terminal Pulo Gadung hanya sampai jam 8. 

Gw telpon Faisal nanya posisi, dan ternyata masih di daerah Manggarai bareng ma Ryan, kebetulan ketemu di halet Dukuh Atas, kita bagi tugas, Faisal dan Ryan langsung ke terminal Rawamangun untuk cek bis disana, trus kita bandingin, ternyata bis eksekutif dari terminal Rawamangun masih ada jam 10 dan tiketnya hanya Rp. 150.000, untuk bisnis or ekonomi udah ga ada sama sekali, ya udah deh pasrah, padahal da sempet kepikiran berangkat besok nya aja, karena mahal… dari tiket kereta yang hanya Rp. 33.000 jadi naek bis yang tiketnya hampir 5 kali lipat.

Perjalanan jam 10, sedikit tertunda, kita mengalami masalah, ternyata bis yang berangkat dari terminal Rawamangun adalah bis dari terminal Pulo Gadung. Ada kesalahan pencatatan, waktu kami masuk ke dalam bis, kursi yang tersisa tinggal 5, kami ber-enam. Alamak…Jo ga dapet duduk, tapi dia cuek aja karena lagi nelpon. Padahal di tiket tuh udah ada nomor duduk, dasar yah…sistem pencatatan manual memang berpotensi mendatangkan masalah hehehe… Karena agak lama proses penyelesaian, dan mereka sepertinya tak bergerak, gw turun dah, udah mulai emosi… Akhirnya satu penumpang menjadi korban, dia disuruh duduk didepan, dan kita duduk terpisah-pisah… Bis jalan udah 10:30 malam.

Perjalanan lama…macet di Cikampek sampai Indramayu. Fiuhhhh…jam 6 aja masih di Cirebon, parah yah… harusnya perjalanan hanya 8 jam normal, kita nyampe di Semarang udah hampir jam 11. Oh ia, di bis Ryan duduk di kursi depan, trus di depan dia ada seorang Bapak yang sepertinya tertarik pada Ryan hahaha…, ini Ryan sendiri yang cerita, si Bapak yang main mata gitu ama dia… apa mungkin ya nama si Bapak itu Novel?? Wakakaka…udah Ryan, hajar… pantesan lu anteng banget di depan :P

Day 2 - Kamis, 9 April 2009, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Tua Semarang, Gereja Blendug, Simpang Lima
Sepanjang perjalanan liat kiri-kanan, hari ini adalah Pemilu, Nyontreng Day para caleg yang aku tak kenal. Maaf yah..kita bukan warga negara yang baik, bukannya nyontreng malah jalan. Sorry to say deh…pemilu caleg ga guna… :D What’s in your head Caleg? Are you really care about this country? I think no, you just care about how to get your money back!!! No offense… Udah ah, biar saja itu menjadi urusan hati mereka…

Lewat Cirebon sekitar 6 kurang, sun rise…keren euy…sun rise keren ternyata ga selalu harus di pantai atau di gunung, di jalan tol Cirebon juga sun rise nya keren banget, sayang gw duduk di tengah dan susah untuk moto.

Lagi di bis, Faisal ngasih HP nya ke gw, ada message dari temannya berisi list penginapan di Semarang, semua depannya kata-kata “hotel”, mba Deny bertugas nelpon tuh hotel satu-satu, ternyata ratenya di atas 150rb semua permalam, not on budget. Semua udah di coba, malah makin ke bawah list hotelnya makin mahal saja… Trus Faisal ngasih lagi nomor yang depannya bernama “Wisma”, yup, Wisma DPR, semalam Rp. 75.000, murah…tapi sayang penuh. Atas rekomendasi dari petugas Wisma DPR, mereka ngasih nomor Wisma Pemda, same price, dan kamar masih ada yang kosong. Kita booking satu kamar dulu buat ber-enam, sapa tau kamarnya gede kan, jadi 75.000 dibagi 6 orang hahahaa…

Tiba di Semarang sekitar jam 11, turun di Kali Banteng, karena bis yang kami tumpangi adalah bis jurusan Jakarta – Surabaya. Menginjakkan kaki di kota Semarang? What’s first things first to do?? Foto!!!! Hahhaha…yup, kita foto-foto dulu, trus ambil peta dari buku Peta Wisata Jawa – Bali yang gw bawa, liat posisi dan harus kemana. Ngangkot ke arah Simpang Lima, tapi turun di daerah Tugu Muda, persisnya depan Lawang Sewu, ongkos Rp. 3.000. Dilanjut naek “metro mini ala Semarang” menuju daerah Gajah Mungkur, turun depan Hotel Gracia, ongkos Rp 3.000, trus jalan kaki ke jalan Guntur di belakang Hotel Gracia. Oh ia, semua perjalanan terasa lancar ya? Banyaklah bertanya, karena ada petuah bijak berkata “malu bertanya, sesat di jalan, malu bertanya, jalan-jalan” :D

Jalan kaki sekitar 300m, lewat kuburan dulu, baru dapat Wisma Pemda, Jalan Guntur no. 17, Gajah Mungkur, Semarang. Ternyata masih ada beberapa kamar yang kosong dan kamarnya cukup buat ber-enam, walau kasur hanya untuk berdua, kita bisa atur entar, di kasur jadi ber-4, dengan mengubah posisi tidur, dan 2 orang di lantai. Tapi si Bapak penjaga ga setuju, kebanyakan katanya, jadilah kita mesen 2 kamar. Ah…nambah cost aja nih si Bapak. Beres-beres dan mandi, ready to start Wisata Kota Semarang.

Makan Siang, Bandeng Juwana, Jalan Pandanaran
Dari Wisma Pemda, ngangkot lagi ke Tugu Muda, dari sana jalan kaki nyari makan, wisata kuliner dulu ceritanya. Ketemulah dengan tempat makan dengan judul Bandeng Juwana, di jalan Pandanaran. Lantai 1, tempat jual oleh-oleh khas Semarang, di lantai 2 adalah restoran. Mesen makan siang, gw mesen Bandeng Bumbu Rujak plus es campur. Yang laen ada yang mesen, Bandeng Bumbu Bali, sayur asem, nasi bakar, dan lain-lain. Sesuai dengan judulnya, makanan disini dominan dengan bandeng-nya. Masakannya uenak tenen, rek! Di dinding restoran itu banyak foto-foto dan tanda tangan orang-orang terkenal yang udah pernah makan kesana. Another kind of promotion, I think! 

Klenteng Sam Poo Kong
Sam Poo Kong
Sehabis makan dari Bandeng Juwana, tempat pertama yang kami kunjungi adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng ini berada di daerah Simongan. Nanya karyawan Bandeng Juwana dulu cara ke klenteng, ternyata ngangkotnya nyambung. Jalan ke persimpangan yang ditunjuk karyawan tersebut, ada angkot yang nawarin untuk bawa langsung ke klenteng, ga usah nyambung, jadi kayak nyarter gitu. Ya udah, ternyata arahnya searah dengan penginapan kami, ongkos per orang Rp. 4.000 di kali 6 bayar Rp. 24.000 sampai ke depan Klenteng.

Klenteng Sam Poo Kong masih dalam tahap pembangunan secara bertahap. Akan ada 18 bangunan yang peruntukannya ada untuk tempat ibadah, gedung serba guna, penginapan untuk umum dan juga toilet. Nama bangunan di klenteng ini ada Kyai Juru Mudi, Dewa Laut, Dewa Bumi, Gua Sam Poo Kong. Untuk tempat ibadah, orang-orang yang boleh masuk hanya orang-orang yang bertujuan ibadah, ga boleh foto-foto doang, walau ada orang yang nyebelin dan buat iri juga, karena mereka masuk benar-benar untuk photo session. Padahal di dalam klentengnya lebih seru sepertinya, kita hanya bisa ngeliat dari luar dan foto dari jarak jauh.

Untuk masuk ke Klenteng Sam Poo Kong tidak dipungut biaya, bebas masuk asal berpakaian rapi. Eh, katanya nih, Klenteng Sam Poo Kong ini dulunya tempat persingahaan Laksamana Ceng Ho.

Stasiun Tawang & Kota Tua Semarang
Stasiun Tawang di sore hari
Sehabis dari Klenteng Sam Poo Kong, perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Tawang, sebenarnya ga ada yang spesial dengan stasiun ini, karena kita pengen nge cek jadwal keberangkatan kereta ke Jakarta dan mau booking tiket dulu untuk hari Minggu/Senen. Mangkanya nih stasiun masuk dalam list hehehe… ga penting banget yah… Ternyata kereta dari stasiun Tawang hanya kereta ekonomi dan eksekutif. Kalau mau ekonomi harus dari stasiun Poncol. Ya uwes, kita keluar dari stasiun Tawang.

Fyi, dari klenteng naek angkot menuju Karang Ayu, ongkos Rp. 3.000. Ada hal yang lucu sewaktu kami bertanya pada seorang Ibu cara ke stasiun Tawang, dia ngejelasin, nanti naek angkot ke Karang Ayu, terus turun, entar naek atas jalan terus turun…dari sana entar naek angkot lagi. Nah, kita anek angkot ke Karang Ayu, ga lama nyampe di Karang Ayu, pas kita lihat, eh, yang di maskud ibu, nanti naek jalan terus turun adalah jembatan penyebrangan, waduh…ribet deh si ibu, dalam bayangan kita itu seperti di Cawang..ckckckck… Kita nyebrang trus dilanjut nyari angkot menuju Stasiun Tawang, lagi-lagi ada supir angkot yang nawarin diri nganterin langsung ke stasiun Tawang, padahal bukan jurusan angkot dia. Apa di Semarang bebas gitu yang merubah rute sendiri? Kita banyak nanya ke supir angkot ini mengenai tempat-tempat seru di Semarang, dia jelasin banyak. Ongkos Rp. 5.000 per orang, apa karena ada informasi tambahan dari dia ya jadi kena charge 5.000 gini? :D

Kota Tua Semarang
Di depan stasiun Tawang adalah kota Tua Semarang. Kita menikmati kota tua Semarang dari danau buatan di depan kota tua, jadi danau berada diantara kota tua dan stasiun Tawang. Nongkong disana sambil jeprat jepret sampai sore. Air danau buatan ini berasal dari air laut, karena daerah stasiun Tawang dan kota tua Semarang sering terjadi rob. Danau buatan ini juga dilengkapi dengan pintu air yang siap dibuka kalau rob nya tinggi. 

Foto-foto di danau ini keren juga, bisa liat efek reflection yang keren. If you want to see the picture, ini dia...keren yah… Kita sih ga explore gedung-gedung tua-nya. Abis dari kota tua ini, kita jalan menuju gereje Blendug.

Gereja Blendug
Gereja Blendug
Gereja Blendug berjarak sekitar 300m dari Kota Tua Semarang, sepertinya sih termasuk dalam kawasan kota tua :D. Gereja Blendug menjadi tujuan wisata di kota Semarang karena gereja ini bergaya arsitektur Belanda dan dibangun tahun 1753. Tua banget ya…bentuknya hexagonal. Pada hari biasa para pengunjung bisa masuk ke dalam gereja untuk melihat dalamnya seperti apa. Tapi sayang, kami datang sehari sebelum Jumat Agung, dimana besok harinya gereja mau dipake buat Ibadah. Jadinya kami ga berhasil masuk untuk melihat dalam gereja nya seperti apa. Cukup foto-foto di depan gereja.

Stasiun Poncol
Dari gereja Blendug perjalanan di lanjutkan ke stasiun Poncol, melanjutkan pencarian tiket pulang ke Jakarta. Anak-anak sepakat jalan kaki, katanya sih sambil melihat-lihat kota Semarang. Well, padahal jaraknya itu jauh. Sambil jalan kita melewati KM 0, Kota Semarang. Trus dilanjutkan ke stasiun Poncol dengan keep on asking orang-orang yang ada di jalan biar ga nyasar. Berhenti dulu di Alfamart nyari ransum, udah cape soalnya, pada beli minum dan es krim.

Setiba di stasiun Poncol, loket udah tutup. Untung ada petugas lagi diluar, kita nanya-nanya. Ga bisa beli tiket sebelum hari keberangkatan. Katanya untuk keberangkatan minggu malam harus beli tiket di minggu pagi. Dan informasi terakhir, kereta ekonomi ke Jakarta udah penuh, yang ada tinggal non-seat. Long weekend penyebab segalanya :D. Pulang tanpa hasil, tiket ga ditangan.

Simpang Lima Semarang
Perjalanan dilanjutkan, tetep keukeuh dengan berjalan kaki. Tujuan berikutnya adalah Simpang Lima Semarang, surga tempat jajan di Semarang. Ngobrol sambil jalan memang seru, lelah tak berasa, tapi… jalan…jalan…terus…lagi…terus….lagi…jalan…jalan…asking… jalan…asking…jalan…terus…jalan…asking…jalan… Udah mulai menyadari bahwa jalan adalah keputusan bodoh, ayo ngangkot…angkot ga ada yang lewat, bukan jalur angkot sepertinya…jalan…lagi…jalan… ada angkot dipersimpangan sana…dengan semangat jalan. Eh, tiba di persimpangan kok malah angkotnya ga ada ya? Trus nanya orang lagi, udah deket kok…udah deket… Jalan…jalan…lagi…terus…jalan… kok ga nemu juga ya??? Nanya lagi…oh itu udah deket mas…depan ke kiri udah dapet… Jalan…jalan…belok kiri jalan…ah..betul… SELAMAT DATANG DI DAERAH SIMPANG LIMA, akhirnya…perjalanan panjang dan melelahkan selesai sudah. 

Sepanjang perjalanan dari stasiun Tawang ke Simpang Lima satu hal yang dapat gw simpulkan adalah di Semarang banyak banget pemulung yang tidur di sepanjang jalan, dan di emperan toko/rumah penduduk. Hampir di tiap sudut terlihat. Jadi penasaran kenapa di Semarang begitu banyak pemulung. 

Nyari makan di daerah Simpang Lima, gampang-gampang susah. Banyak tempat makan, tapi pada penuh, pengennya sih lesehan, mo selonjoran nih kaki, udah pegel. Atas usul Ryan kita makan di depan gedung Telkom, makan TAHU GIMBAL, tahu aja gaya lu!!!! Hahaha… Rasanya sih B aja, ga seger, tahu nya asem, udah lama sepertinya. Harga Rp. 10.000 plus the botol Rp. 3.000. Karena tidak mengenyangkan, kami pindah lagi ke tenda yang lain, deket persimpangan sebrang Ramayana. Mmmm….mahalllll!!!! Average price Rp. 35.000,- arrrrgghhh… lihat price list menu, yippieee… lele hanya Rp. 5.000 plus nasi 3.000m that’s the cheapest one, kita mesen lele aja deh. Ternyata lele nya dapet 2 lagi hahaha…bagus lah! Kenyang deh… Mba Eko yang mesen kereng malah sewot, mahal katanya hehehe….

Back to penginapan, naek taksi, 6 orang 1 taksi hahahha… Gw dipangku ama Jo dan Mba Deny, rasakan!!! Tapi gw ringan sih, jadi mereka ga protes tuh ;). Si supir taksi gaul juga. Dia ngajak ngobrol, nanya kami dari mana. Kami cerita “tadi dari stasiun Tawang Pak, trus ke Gereja Blendung, ke Stasiun Poncol, trus ke Simpang Lima jalan kaki…”, “Jalan kaki??”, “Ia Pak”, si supir dengan ekspresif sekali “iddddiiiihhhhhhh….!!!!!”, kami pun ketawa menyadari kebodohan itu. Percakapan dilanjutklan ke Pemilu Caleg hari itu. Si bapak juga golput…sip dah…ternyata pola pikir yang sama, ngapain juga nyontreng, ga kenal juga, trus entar mereka menang juga mikirin gimana balik modal. Sip dah Pak, thanx udah nganterin ke penginapan dan berbagi cerita. Sekitar jam 11 udah tidur…

Day 3 - Jumat, 10 April 2009, Candi Gedong Songo Ungaran, Museum Kereta Api Ambarawa, Rawa Pening, Pagoda Watugong Semarang, Lawang Sewu
Hari ketiga perjalanan panjang lainnya. Perjalanan kali ini ga ngangkot, karena Ryan menghubungi saudaranya Mas Wito dan mas Wito bersedia nemenin jalan hari ini dengan mobil dia. Dijemput jam 8 lewat, trus perjalanan di mulai sekitar jam 8:30. Nyari sarapan dulu di Soto Pak Darno, makan soto plus lumpia plus teh manis anget, Rp. 10.500.

Candi Gedong Songo, Ungaran
Candi Gedong Songo terletak di Ungaran, sekitar 40km ke arah selatan kota Semarang, waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Sesuai dengan judulnya Candi Gedong Songo terdiri atas 9 candi yang tersebar di satu kawasan gunung *ga tau nama gunungnya* sejauh 4 km. Tiket masuk ke kawasan candi Rp. 7.000 untuk Wisman Rp. 25.000, hmmm…jauh juga ya jaraknya. Terus terang, gw kurang setuju dengan adanya perbedaan harga antara wisatawan lokal dan wisatawan manca negara. Alasannya ga perlu dibahas deh, yah ga setuju aja :P.

Jasa penyewaan kuda disediakan di kawasan wisata ini, karena memang jarak tempuh untuk ke 9 candi ini totalnya 4 km dan medannya itu agak berat, naek turun. Untuk muter semua candi kena charge Rp. 50.000,- pulang pergi. Kita milih jalan kaki *walau ga bisa di bilang pilihan juga hahaha…*, karena tujuan kita selain berwisata adalah latihan moto. 

The first temple of Gedong Songo
Jarak antar candi jauh, ga nentu, ada yang berjarak 200 m, ada yang jauh sampai 500m. View dari kawasan Candi Gedong Songo ini keren banget, really love it! Belakang candi itu view gunung, depan candi view lembah dan pegunungan, terlihat juga Rawa Pening dari atas… Keren-keren…

Setelah candi ke 3,4, dan 5, ada kawah belerang, asap nya ngepul dari perut bumi. Ada kolam mandi air panas juga, ayo..ayo..yang kudisan, kurap, gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya, silahkan berendam dulu hahaa… Yang jerawatan silahkan cuci muka, lebih ampuh kayaknya dari sabun JF Sulfur hehehee…

Jarak candi 3,4, dan 5 yang berada di satu tempat ke candi ke 6 lumayan jauh, hampir satu kilo menurut gw, untung kita ambil jalan motong. Candi ke 6 dalam proses pemugaran, udah ga asli lagi tuh…males dah. Candi ke tujuh udah hancur, batu-batu nya udah berserakan di tanah. Candi ke delapan masih utuh tapi candi disebelahnya udah rusak juga. Duduk-duduk bentar di candi ke delapan sambil ngurangin cape muterin 8 candi, one left to go. Candi ke sembilan berjarak sekitar 200m di depan. Udah laper…jadi percepat langkah menuju ke candi terakhir. 

Dari candi terakhir ke gerbang masuk/keluar jauh juga ada 1km dan jalannya itu nurun, cape ngerem… Mana banyak kuda yang lewat lagi mengganggu jalan, banyak e’e kuda juga di jalanan sebagai ranjau darat, jadi hati-hati kalau jalan, entar bau e’e nya kuda lagi pulang-pulang dari sana.

Setelah trekking mengelilingi candi Gedong Songo yang sangat melelahkan, kita nyari makan di sekitar candi. Warung deket pintu masuk asyik juga tuh. Prasmanan cuy, di kala perut lapar gini pas banget dah tuh… Menu makannya mayan lah, ikan, daging, sayuran. Gw makan ayam goreng plus telor plus banyak sayuran, plus nambah, plus the botol, plus pocari sweat total Rp. 18.000.

Museum Kereta Api Ambarawa & Rawa Pening
Sehabis dari Candi Gedong Songo, perjalanan dilanjutkan menuju Ambarawa. Tujuan utama adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Jarak dari Candi Gedong Songo ke Ambarawa ga jauh, ga nyampe 30 menit dari Ungaran. 

One of the train
Retribusi untuk masuk museum Rp. 3.000. Museum terdiri atas 2 bangunan utama. Di dalam museum terdapat benda-benda jadul yang berhubungan dengan perkeretaapian. Nah diluar terdapat kereta-kereta api jaman dulu. Banyak juga kereta-nya, ya ialah namanya juga museum kereta :P. Setiap kereta lengkap dengan nomor serinya. Kereta-kereta ini dirawat dengan baik, di cat dengan warna hitam, merah, dan putih. Warna nya cerah, jadi ga kelihatan kereta tua, hanya dari model nya saja kita bisa menyimpulkan kalau kereta ini kerata lama. Tapi gw setuju, mungkin proses pengecatan dengan cat minyak yang mengkilap ditujukan untuk menghindari kereta yang terbuat dari besi ini mengalami pengkaratan dengan cepat karena terkena air dan panas. Gw ga tau sih kereta ini dari besi apa baja :D.

Kereta-kereta tua ini juga jadi obyek yang seru untuk di foto, dengan model-model cabutan dari para peserta, terutama mba Eko yang senantiasa exist jadi modelnya. Suasana museum juga bagus banget untuk dijadikan background. Sip dah…

The fisherman at Rawa Pening
Di Museum Ambarawa ini juga disediakan jasa tour dengan kereta menuju stasiun Tuntang. Harga tiket Rp. 10.000. Untuk ikut tour ini, silahkan lomba cepet dengan yang lain menuju kereta, karena pembayaran dilakukan di atas kereta yang hanya terdiri dari 3 gerbong, dan cukup untuk sekitar 30 orang, kalau dipaksain bisa sampai 40 orang lah. Waktu tempuh 1 jam pulang pergi. Perjalanan utama melewati Rawa Pening, view nya bagus banget, sawah, rawa dan background gunung yang keren abis… Seandaianya bisa turun dari kereta dan moto-moto seru banget tuh. Kita hanya bisa moto keindahan alam ini dari kereta yang lagi jalan. Tapi ga mengurangi hasilnya juga sih, see this picture.

Pagoda Watugong Semarang
Pagoda Watugong
Dari Ambarawa udah hampir setengah 6, kita balik ke Semarang. Di Semarang kita singgah di Pagoda Watugong. Nama lengkapnya Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong. Pagoda ini diresmikan pada tahun 2006. Pagoda ini ada 7 tingkat. Di halaman pagoda ada patung Dewi Quan Inn dan pohon yang ditanam tahun 1955, udah 50 tahun tuh pohon, dibawah pohon ada patung Budha. Di dalam pagoda sendiri ada patung Buddha yang besar banget. Di luar pagoda ada patung-patung yang mengelilingi pagoda, patung-patungnya tentunya berhubungan dengan Budha, gw lupa nama-nama patung tersebut padahal ada tulisannya.

Lawang Sewu
Dari Pagoda Watugong, dilanjut dengan mencari makan di daerah kampus Undip, makan di warteg, uh…tak kenyang sama sekali, kurang enak, jadi makannya dikit. Tapi ya sutralah… Habis makan dilanjut uji nyali ke Lawang Sewu. Biaya retribusi untuk masuk Lawang Sewu Rp. 5.000/orang, kalau satu rombongan gitu akan disediakan guide untuk nemenin tour Lawang Sewu. Si guide akan menuntun ke ruangan demi ruangan disana ke semua lantai dengan menggunakan sebuah senter. Tempat yang penuh dengan misteri itu sudah berumur hampir seratus tahun (1908). Bangunan lama dengan aura horor. Dulunya Lawang Sewu didirkan sebagai kantor kereta api. Gila, gede bener kantor kereta api, apa sekalian stasiunnya ya?? Hehhee… Pernah juga dipake sebagai kantor tentara *kalo ga salah inget dari penjelasan guide-nya*. Lawang Sewu sendiri berarti pintu seribu, emang banyak banget sih pintunya…

Lawang Sewu at the night
Setelah lama tidak aktif sebagai gedung, dan hanya bangunan kosong, bangunan ini hendak diaktifkan lagi menjadi perkantoran, tapi dilarang oleh pemerintah karena dianggap sebagai bangunan bersejarah. Tapi kabar terakhir dari guide kami, Lawang Sewu ini akan segera diaktifkan lagi jadi kantor, kata guide nya sih 4 bulan kedepan, sekarang sudah dalam tahap perbaikan. Jadi kalau pengen uji nyali ke Lawang Sewu, cepetan…sebelum berubah jadi kantor. Entah kenapa sekarang dapat ijin diaktifin lagi jadi kantor, memang ganti pemerintahan ganti aturan dah... Sayang sekali…

Lawang Sewu juga udah beberapa kali dipake sebagai tempat syuting pilem, Ayat-Ayat Cinta yang terkenal itu juga lokasi syutingnya di Lawang Sewu, juga pilem horor yang judulnya sama dengan bangunan ini, Lawang Sewu. Dan reality show yang berjudul Uji Nyali pun pernah disini.

Tour kami hanya 45 menit, ada satu tempat yang ga kami jalani, yaitu ruangan bawah tanah, karena berair, dan harus nyewa pelampung dan sepatu khusus. Tempat paling serem sebenarnya ruang bawa tanah ini. 

Perjalanan hari ini ditutup di Lawang Sewu, langsung balik ke penginapan. Abis mandi, maen UNO bentar. Lagi main UNO Faisal mengusulkan untuk mesen KFC yang disambut hangat oleh semua kecuali mba Eko yang langsung tidur. Gila, backpacker mesen KFC, apa-apaan itu!!! :D


--to be continued, untuk cerita di Semarang udah selesai...nantikan part 2 nya untuk cerita di Karimun Jawa, segera beredar....--

3 comments:

krishna said...

Bisa minta nomor wisma pemda atau wisma DPR ga? Makasih ya.

Anonymous said...

salam kenal bang...
kayaknya udah hafal aku tempat2 yang abang katakan...
maklum dah dua setengah tahun di semarang....
salam kenal ya bang...

http://agusthutabarat.wordpress.com

Wiro Sableng said...

Selamat Malam... Week End enggak ada acara ya mending blogwalking aja. Setelah ngebaca artikelnya, di mari gan..