13 March 2009

Backpacking: Pulau Peucang - Ujung Kulon, 7-9 March 2009

Pulau Peucang


Long weekend sebaiknya jangan disia-siakan dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi buat anda yang telah bekerja, long weekend adalah masa-masa yang tepat untuk melupakan rutinitas di kantor. Gw bareng teman-teman gw long weekend kali ini (7-9 March 2009) menghabiskan waktu ke Pulau Peucang di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Backpacking ke Pulau Peucang direncanakan oleh saudara Faisal Idris. Rencana ke Pulau Peucang sudah 2 kali mengalami penundaan, dari rencana awal akhir November 2008, diubah menjadi akhir January 2009, dan akhirnya terlaksana awal Maret 2009. Penundaan terjadi karena cuaca yang tidak menentu dan memasuki musim penghujan.

Peminat ke Pulau Peucang di awal Maret ini ternyata banyak juga. Gw sendiri masuk dalam waiting list karena telat confirm ke Faisal, untung ada yang mengundurkan diri jadi gw bisa ikutan. Peserta ke Pulau Peucang dibatasi hanya 15 orang, karena harus menyewa perahu dan supaya aman kapasitas penumpang dibatasi 15 orang saja.



Terminal Kalideras, start the Journey
Berangkat dari rumah Ryan di daerah Meruya menuju terminal Kalideres jam 4:30. Gw nginep di rumah Ryan karena kejauhan dari Depok dan harus pagi lagi berangkatnya. Untung Ryan bersedia nampung gw di rumahnya ;). Jam 5 udah tiba di terminal Kalideres nunggu di warung belakang pos Polisi, baru gw ama Ryan yang nyampe pertama, disusul dengan Meriem. Peserta lain ada yang gw kenal ada yang belum kenal.

Hal kocak terjadi di terminal Kalideres, saat gw, Ryan dan Iem ngobrol sambil nungguin yang laen, tiba-tiba muncul seorang wanita yang udah lengkap dengan backpacknya nyamperin kami bertiga dan langsung nanya sambil nunjuk Ryan,
Si wanita: “Reza bukan???”,
Ryan jawab “bukan”,
Si wanita: “temannya Reza?”,
Ryan: “bukan”,
Si wanita: “yang mau ke Ujung Kulon bukan”,
Ryan: “ia”
Gw: “temannya Faisal bukan??”
Si wanita: “bukan”
Gw: “yang di fesbuk bukan??”
Si wanita: “bukan”
Gw: “berarti bukan mba…”
Ryan: “kalau yang ke ujung kulon berarti bener, sini aja gabung….”
Si wanita sambil berjalan… “tunggu gw panggil teman gw dulu…”
Dan setelah kenalan wanita tersebut adalah saudari Pipit, beserta temannya Kikid dan Rere. Rere sendiri nama aslinya Reza. Waktu udah di Peucang pas abis makan malam, ngobrol, baru kejadian ini di rewind, dan nanya, kok dia diajakin ama Rere tapi kok ga kenal muka nya Rere?? Ternyata, Pipit juga baru kenal Rere sehari sebelum keberangkatan ke Ujung Kulon, nah, Rere adalah teman kuliah Faisal, Rere ngajakin Kikid teman kantor Rere, kemudian Kikid ngajakin Pipit sohibnya sejak SMA, pantesan ga saling kenal, sampai ditanya yang di fesbuk apa bukan dan jawabannya bukan, ya terang aja, si Pipit diajakin ama Kikid dan Kikid diajakin ama Rere…fiuhhh…

Kemudian, Faisal, Ida, Mba Woro dan Mba Deny nyampe di terminal Kalideres, mereka barengan naik taksi dari daerah Jakarta Timur, dari rombongan berempat ini yang baru gw kenal itu mba Deny. Mba Deny sendiri teman kantor Faisal sewaktu di Medifarma. Kita ber-10 kumpul di halte seberang pos Polisi. Beberapa waktu Jo dateng sendiri dari daerah Pancoran. Setelah Jo menyusul Felicia, Dina, dan Novi, 3 orang yang gw sebut dengan Trio Deplu ini sama sekali belum gw kenal. Felicia teman kuliah Faisal, dan Dina dan Novi teman kantor Felicia. Klop! Jadinya berangkat ber-14. Seharusnya ber-15, ternyata satu orang teman Felicia telat 5 menit tiba di Kalideres. Bis yang kami tumpangi udah jalan, dia baru tiba. Yah sayang…

Kami berangkat dengan bis tujuan Kalideres – Labuan jam 6 kurang gitu. Lama perjalanan lebih kurang 4 jam, tergantung bis nya banyak ngetemnya apa engga. Ongkos naek bis Kalideres – Labuan Rp. 25.000, bis ini adalah bis ekonomi. Penumpang dari Kalideres bisa dibilang hanya kami ber-14 dan beberapa penumpang lain, dan masih banyak bangku yang kosong, namun ternyata sepanjang perjalanan banyak penumpang yang naek sampai berdiri dan bis itu penuh dengan penumpang yang berdiri, udah kayak bis Tanah Abang – Depok kalau jam pulang kantor :P. Selain itu para penumpang juga bawa barang bawaan yang tidak sedikit. Ada seorang bapak yang bawa banyak banget buah, dari semangka, jeruk, dan salak beberapa karung. Buset dah…kami yang duduk di kursi paling belakang menjadi tersiksa, kaki tak bebas bergerak karena tas kami ber-14 saja udah kami tumpuk di depan kaki ditambah lagi dengan karung-karung penumpang laen.


Terminal Labuan
Tiba di Terminal Labuan sekitar jam 9:30. Ada kejadian unik lagi di terminal Labuan ini. Baru turun dari bis, dengan tas-tas backpack kami, para supir angkot dan kenek udah langsung nebak kami akan ke Ujung Kulon. Mereka bahkan menyebut nama yang kondang di dunia per-Ujung Kulon-an yaitu Bapak Komar. “Mau ke Taman Jaya ya??” “Janjian ama Pak Komar ya??”. Shit! Berisik banget dah, mana sambil narik-narik tas dan narik-narik tangan. Untung kami berani membentak “biar saya yang bawa tas saya sendiri, jangan dipegang!!!”, hmmm…mereka manut aja ternyata walau tetap maksa… Kami mencoba cuek dengan orang-orang itu, kami jalan ke depan terminal dan mencoba nyari angkot sendiri. Gw nanya Faisal sambil berbisik, “lo tau ga ciri-ciri angkotnya”, Faisal “mobil L-300 gt”. Gw ngeliat hanya 1 L-300 disana dan gw baca jurusan angkot itu, yup…that’s it, Labuan – Taman Jaya. Kita langsung berbalik karena kami sudah melewati angkot itu.

Sewaktu kami balik dan memilih angkot tersebut, beberapa kenek langsung narik-narik lagi, kami menjadi barang rebutan disana, wah….kalau cewe-cewe yang ngerebutin sih ok yah…ini mah cowo2 sangar yah tampang supir dan keneklah…fuihhh… Supir dan kenek yang kami pilih angkotnya pastinya seneng dong, tapi yang gagal narik ke angkot dia jadi senewen gt dan maksa kami tetep memilih angkot dia. Di angkot yang kami pilih ternyata udah ada 4 penumpang lain. Kami mencoba masuk dan cukup sebenarnya kami ber-14 masuk dalam angkot tersebut. Kami pun ngumpulin tas kami dan ditaro diatas angkot dan diikat. Kami kira situasi udah aman terkendali, ternyata para supir angkot dan kenek menjadi ribut… Tas kami yang di atas di buka lagi talinya, kami yang cowo-cowo langsung keluar dan ngecek, takutnya tas kami di ambil atau gimana, ga taunya, si supir angkot satu lagi mau mindahin tas kami ke angkotnya dia yang secara otomatis memaksa beberapa dari kami pindah ke angkot dia, gila!! Pemaksaan banget…kita ber-14 ga mungkin mau dong dipisah-pisah gitu…sinting!!!

Kita tetap ngotot dong di angkot tersebut, kita ga mau tas kita di pindah. Akirnya yang jadi korban malah penumpang lain, 4 penumpang yang udah masuk duluan disuruh pindah ke angkot yang satunya. Setelah itu baru kami tau, ternyata angkot yang itu yang pertama berangkat, sementara syarat berangkat, penumpang harus penuh dulu. Walau pun angkot kami yang duluan penuh, tapi karena si angkot itu yang pertama sampai terminal dia yang harus berangkat duluan, 
first in first out (FIFO).

Be careful guys di terminal ini!!!

Terus, setelah angkot yang pertama itu berangkat, angkot kami sudah hampir penuh, kami saja sudah ber-14 gitu loh... Tapi si angkot ga jalan juga. Keluar sebentar dari terminal, trus berhenti lagi. Ternyata itu siasat mereka agar kami menawar untuk menyewa mobil itu saja. Waktu kami sedang nego, eh Ida tiba-tiba dateng ke depan dan marah-marah ke kenek nya. Ida udah kepanasan di belakang dan emosi menjadi naek karena angkotnya ga jalan-jalan, sementara Ida ga tau kalo gw ama Ryan sedang nego harga kalau nyewa angkotnya sampai ke Sumur desa Taman Jaya atas perintah Faisal karena gw ama Ryan duduk di bangku depan. Akhirnya kita ga jadi nyewa tapi harga untuk kami ber-14 itu menjadi Rp.350.000. Kalau dari informasi yang dicari Faisal, ongkos angkot per orang dari Labuan ke Sumur desa Taman Jaya itu Rp. 35.000 per orang, lumayan hemat Rp. 140.000, jadi perorang hanya kena Rp. 25.000. Harga turun tapi dijalan si supir jadi naek dan nurunin penumpang.

Perjalanan dari Labuan – Desa Taman Jaya itu memakan waktu 3 jam, dikarenakan sampai Sumur, jalanan rusak parah menuju desa Taman Jaya-nya. Jalan tidak beraspal, jadi jalanan tanah bebatuan yang terdapat genangan dimana-mana. Trus melewati pesisir pantai gitu, yang menurut gw, kalau air pasang di malam hari jalan itu akan tertutup air dan menjadi bagian dari laut. Karena kondisi jalan yang parah, kami pun bergoyang dangdut didalam angkot, belum naek perahu di laut, udah terasa aja ombak besar di daratan …hehhee…

Tiba di desa Taman Jaya, di rumah Pak Komar yang amat kondang itu, sekitar jam 1 siang. Di penginapan yang diberi judul Sunda Jaya, kami telah disambut dengan makan siang. Nyam…nyam…makan siang terakir sebelum kami menjadi anak-anak gembel yang hanya makan Indomie dan nasi selama 3 hari. Sekitar jam 2 kami persiapan untuk nyebrang dari desa Taman Jaya menuju Pulau Peucang. Persiapan logistik untuk 3 hari. Beli beras, indomie, telor, sarden, minyak goreng, gula, kopi, dan aqua galon.


Taman Jaya – Pulau Peucang
Jam 3 kami udah naek ke perahu, harga sewa perahu Rp. 1.900.000 untuk pulang dan pergi serta sebenarya kalau mau dipakai disekitar Pulau Peucang. 2 orang nahkoda kapal sekaligus menjadi porter kami dengan biaya tambahan sekitar Rp. 150.000. Porter ini yang menyediakan piring dan gelas serta peralatan masak yang kami butuhkan, mereka juga yang menjadi tukang masak untuk makan kami disana selama 3 hari.

Awal perjalanan naek perahu menyenangkan buat semua orang. Buritan depan kapal pun penuh dengan orang-orang, ada Faisal, Iem, Dina, Mba Deny, Pipit, Kikid, Jo, Mba Woro, Ryan, dan gw. Percikan-percikan ombak hasil pecahan dari ujung perahu kami menjadi hal yang menyenangkan walau pakean dibadan menjadi basah dan berasa asin *ya ialah*. Malah komen-komen datang dari orang-orang ini, “kayak di Dufan ya…”, “kayak maen arung jeram ya….”, “kayak maen kora-kora ya…”. Trus ada yang ngingetin “wah…jangan nantangin alam, berbahaya…”, komen-komen itu pun mereda. Kita menikmati perjalanan dengan percikan air yang makin lama makin kencang.
Terlihat di kejauhan hujan. Beberapa mulai masuk ke dalam perahu untuk berlindung. Waktu hujan, kami tinggal berlima di depan, gw, Faisal, Ryan, Mba Denny dan Mba Woro. Kami pun udah basah kuyup… Hujan reda, tapi gelombang laut makin tinggi. Tapi di depan udah kelihatan hujan dan lebih gelap lagi… mba Woro pindah ke dalam. Kami tinggal berempat. Masih setengah perjalanan, hujan makin deras dan gelombang laut makin hebat… Kami berempat berlindung dengan alat masing-masing karena percikan air hujan sakit waktu mengenai badan. Faisal dengan payung SCTV, mba Deny gw kasih baskom yang ada di bawah buritan, Ryan make ember kecil untuk nutup kepala, gw sendiri ?? ayo ditebak make apaaaa… make kuali penggorengan…hahahaah…hush!! Jangan ketawa kamu!!! Itu demi keselamatan kepala dari hantaman air hujan yang makin menggila. Semua duduk di lantai perahu, bukan di bangku untuk menghindari tetes hujan yang sakit itu.

Suasana semakin horor. Hujan deras, angin kencang dan ombak yang makin ganas. Perahu kami oleh ke kiri dan kekanan, terhempas ga jelas. Saat gelombang tinggi bahkan ujung perahu terangkat dan kemudian terhempas sampai menciduk air laut. Air laut pun terasa mengalir di kepala gw karena gw menunduk dibawah papan buritan. Semua ketakutan, gw bahkan sampai pegangan sekuat tenaga sambil terus megangin kuali untuk melindungi kepala. Sesekali gw memijit-mijit kepala gw karena udah pusing dan takut nanti sampai muntah. Hingga satu waktu dimana angin benar-benar kencang dan ombak tinggi perahu oleng dan serasa akan terbalik, papan yang gw buka 2 biji supaya gw bisa masuk ke bawah buritan terlempar angin dan mengenai kepala gw yang untung terlindungi oleh kuali dan jatuh ke bawah dan kena badan gw, terdengar suara kretak… ga tau itu suara apa. Kacamata Ryan sampai terpental dan jatuh ke bawah lantai perahu. Piring-piring dan gelas semua bergeser dari tempatnya… benar-benar suasana horor, trust me ini bukan cerita di dunia khayal dan dilebih-lebihkan. Kami hanya bisa berdoa mohon keselamatan sekaligus doa penyerahan kalau memang kami tidak bisa sampai di Peucang. Di perahu ini gw merasakan betapa manusia sangat dekat dengan kematian. Ini perahu mesin tradisional yang tidak dilengkapi dengan jaket pelampung untuk penumpangnya. Lebih dari sejam peristiwa horor ini kami alami.

Ketika laut sudah lebih tenang dan hujan mulai reda, kami bisa duduk kembali seperti semula, kami mulai menikmati kembali irama gelombang laut yang menghempaskan perahu kami. Jam 6 kurang, kami sudah melihat Pulau Peucang, dan sunset mulai terlihat, langit mulai warna merah, dan laut sudah semakin tenang karena sekarang perahu sudah berada di antara dua pulau, yaitu Ujung Kulon Pulau Jawa dan Pulau Peucang. Kami pun berdiri di atas buritan dan menikmati suasana sunset dari perahu. Walau matahari belum tenggelam penuh, tapi keren banget, apalagi setelah mendekat dermaga Pulau Peucang disambut oleh kelelawar yang mulai keluar dari sarang masing-masing dan melihat pantai yang asli keren bangettt…airnya hijau banget dengan pasir putih… It’s so beautiful!!! Perfect!!! Terbayar sudah perjalanan panjang dari jam 5 pagi di terminal Kalideres dan perjalanan horor di perahu selama sejam lebih… Pulau Peucang is so great!
Turun dari perahu, Faisal mengurus administrasi, pembayaran retribusi masuk kawasan Pulau Peucang Rp. 2.500/orang dan penginapan. Faisal sudah nge-booking kamar berupa barak 2 kamar seminggu sebelum keberangkatan ke Pulau Peucang kepada seorang bapak yang bernama Pak Komar, yang teramat terkenal senatero per-Pulau Peucang-an. Namun sial bagi kami, sewaktu tiba disana, kamar tersebut sudah diberikan kepada tamu yang sudah lebih dulu tiba disana. Akhirnya kami mendapatkan kamar 2 buah di Flora. Kamar dilengkapi dengan 2 buah tempat tidur, dan sisanya kami menggunakan tikar di lantai. Bentuk penginapan ini berupa rumah panggung, karena di sana banyak monyet, rusa, dan babi hutan berkeliaran. Harga per kamar Rp. 200.000 semalam. Karena jumlah peserta 14 orang, jadi 1 kamar diisi oleh 7 orang, co 5 dan ce 9, jadilah Ida dan Mba Deny sekamar dengan cowo-cowo.

Cape di jalan, kami hanya bisa nongkrong di depan penginapan sambil ngobrol dan nungguin makan malam. Gw dan beberapa orang iseng renang dulu di pantai. Toh kadung udah basah ini di sepanjang perjalanan, renang make celana jeans huahahhaa…

Makan malam kami menu nya Nasi Putih plus Indomie Rebus dan telur di dadar yang dipotong kecil-kecil, sedaaappp… udah menguras tenaga di perjalanan makanan hanya indomie Habis makan malam nongkrong di dermaga, dan emang hanya kesana tempat yang bisa dikunjungi. Pulau Peucang adalah pulau tanpa penduduk… Tiba di pulau Peucang anda hanya akan menemukan dermaga dan penginapan yang terdiri dari beberapa barak yang dibentuk persegi sehingga view penginapan yang satu adalah penginapan lainnya dan ditengah-tengah itu ada kawanan rusa dan monyet yang lagi bersendau gurau, ketawa ketiwi ngetawain kami yang terlihat seperti orang bego abis kehujanan dilaut dan ga tau berbuat apa disana.


Trekking di Hutan Peucang menuju Pantai Karang Copong
Bangun pagi-pagi terlihat mendung. Gw dan beberapa orang jalan ke pantai untuk hunting foto sun rise. Kirain hampir gagal sun rise karena cuaca mendung. Matahari terbit dari balik Ujung Kulon, wah…kerenn…langit pagi yang merah, dermaga dengan perahu-perahu dan background bukit kecil di Ujung Kulon. Jeprat jepret foto kurang lebih satu jam. Habis itu balik ke penginapan, sarapan pagi, kali ini sarapan dengan nasi goreng. Hujan turun, damn! What can we do if the rain start falling? Yah, gw tiduran lagi di kamar.
Rencana awal jam 9 start perjalanan hari itu menuju Tanjung Layar di Ujung Kulon. Tapi kata petugas disana cuaca sedang tidak bagus, disana ga ada dermaga jadi turun dari perahunya susah. Kemudian rencana ke Tanjung Layar diganti dengan trekking di hutan Pulau Peucang menuju Pantai Karang Copong. Trekking di hutan ini menyenangkan juga. Hutannya bersih, ga banyak rumput-rumput di tanah, jadi benar2 nyaman buat trekking. Sepanjang trekking banyak kami temui pohon-pohon besar yang tumbang, tapi ini bukan karena ulah manusia, tapi karena usia pohon yang udah tua dan faktor alam, angin kencang contohnya. Pohon-pohon di hutan ini juga rada-rada aneh-aneh, ada yang melintir ada yang army look, ada yang akar nya muncul di tanah. Sampai-sampai muncul tagline selama di Peucang “Kuasa Tuhan”.
Cerita Kuasa Tuhan muncul saat gw ngeliat pohon yang batang nya melintir. Trus gw tunjukin ke Pipit, supaya Pipit berpose di pohon tersebut, trus Pipit nanya “wah…kok bisa gini ya??”, Iem dengan santainya menjawab “Kuasa Tuhan!!!”, Pipit langsung teriak “siapa itu yang jawab?? Dasar pemalas!!!! Malas mikir!!!! Kalau jawaban Kuasa Tuhan itu udah ga terbantahkan deh…” Akhirnya selama di Pulau Peucang kata-kata Kuasa Tuhan aktif digunakan, apalagi waktu main kartu UNO.

Trekking memakan waktu kurang lebih 1 jam. Trekking berakhir di Pantai Karang Copong. Pantai Karang Copong menghadap Samudra Hindia, jadi ombaknya gede, untuk menikmati sunset di Pulau Peucang sebaiknya dari pantai Karang Copong ini. Kenapa disebut Pantai Karang Copong? Karena di Pantai ini ada karang yang copong hhehee…jawaban pemalas juga kah ini??

Pantainya cukup aman buat bersantai, karena ombak besar langsung pecah masih jauh dari bibir pantai. Di sepanjang pantainya sendiri banyak ditemui pecahan-pecahan terumbu karang laut.
Jam 11 kami kembali ke penginapan, laper… tapi masih harus trekking sejam lagi dengan jalur yang sama.




Berenang di Pantai Peucang dekat dermaga


Setiba dari trekking, ternyata makan siang belum siap, harus menunggu dulu, udah laper banget padahal. Menu makan siang adalah nasi putih, sarden dan lagi indomie… Ga bergizi banget deh… Di pulau ini ga ada kantin dimana lo bisa beli makanan selain apa yang lo bawa. Mau makan ikan? Pancing sendiri, ga ada nelayan yang menjual ikan, Pulau Peucang adalah pulau tanpa penduduk, jadi kalau mau datang ke Pulau Peucang harus membawa sendiri semua kebutuhan.

Sehabis makan, ga nunggu lama, langsung pada ke pantai. Nah, we spent our time at the beach sampai sore. Pantai sudah berasa milik kami doang tuh…penguasa pantai. Awalnya ada bule-bule yang berenang juga disana, tapi sehabis mereka selesai, jadilah kami penguasa pantai…. Berenang sepuasnya bersama ikan-ikan kecil yang suka berseliweran, menyenangkan!! Foto-foto narsis juga sambil berenang, mba Deny menjadi fotografer selama aktifitas berenang, karena mba Deny ga ikutan renang. Selesai renang udah hampir jam 5.



Main Kartu UNO
Jam 6 makan malam udah siap, sesuai request mba Woro yang udah kelaperan abis. Menu makan malam nasi putih, plus indomie rebus plus indomie goreng. Mantap! Lagi menu yang sama hehehee… Sehabis acara makan satu-satunya aktifitas yang bisa dikerjakan adalah main kartu UNO. Ga ada gitar, ga da tempat yang bisa dikunjungi. Jadilah kami main kartu UNO sepanjang malam. Awalnya Ryan doang yang tahu cara maen kartu ini, secara dia yang bawa kartunya :P. Kami di training dulu mengenai cara bermain dan aturan-aturan dalam permainan. Jika buang kartu 8, teriak PAL, dan tangan harus bertumpuk di atas angka 8, yang paling terakhir harus nyangkul. Teriak UNO jika kartu tinggal 1, jika teriakan UNO didahului peserta lain, maka peserta yang udah UNO harus nyangkul, gagal UNO deh…

Paling seru kalau ada yang ngelempar kartu +4, trus dibalas lagi oleh peserta berikutnya dengan mengeluarkan +4, kena deh peserta yang berikutnya, harus nyangkul 8 kartu sekaligus hahaha… Beberapa kali kejadian tuh. Paling kocak kejadiannya, angka +2 keluar dari 5 peserta secara berurutan, kena deh satu peserta harus nyangkul 10 kartu sekaligus wakakkakakaa…. Main UNO seru…seru… Peserta paling adem adalah Kikid, diem-diem udah UNO aja, bilang UNO aja sampai ga kedengaran, ga taunya udah abis aja kartu nya. Paling sering telat PAL, mba Woro, paling sering nasib sial ga punya kartu dan kena korban +2 or +4 Pipit. Congratz guys…!!!

Permainan disudahi sebelum jam 11. Ngantuk euy, apalagi kalo cepet abis kartu, sampai bosen nungguin 2 peserta terakhir yang ga kelar-kelar juga mainnya.

Pas gw masuk kamar mau tidur, Ida, mba Deny dan Faisal udah tidur duluan. Trus gw masuk kamar, Rere lagi solat. Terdengar tetangga sebelah udah dateng, krasak krusuk bawa ikan hasil pancingan, mereka mancing men!!! Trus mulai berdebat, “ini ikan enaknya diapain ya?? Digoreng apa di bakar??” Damn!!! Rere sampai bilang “apapun yang mereka omongin buat gw iri!!!!”, gw jawab “yup, kalo kita nanya nya, besok makan apa ya? Nasi goreng? Indomie goreng? Apa indomie rebus ya? Hanya kombinasi nasi dan indomie…” Huaaaa…


Back To Sumur – Desa Taman Jaya
Pagi-pagi sekitar jam 5, tetangga sebelah kembali krasak-krusuk, berisik banget deh, udah tua rumah panggung dari papan, suara kaki dihentakkan aja gitu kencang-kencang, mengganggu acara tidur aja, trus mereka yang berisik gitu “ayo…cepat…cepat…. Jam tengah 6 harus udah jalan, sebelum ombak gede lagi…”, “tunggu mandi dulu”, “ga usah mandi….kita harus cepat…nanti ombaknya gede lagi…” Hoaaahmmm…membangunkan saja…

Keluar dari kamar, duduk di beranda, trus liat pengunjung lain kok pada pulang pagi semua ya? Buru-buru amat, udah bosen apa di Pulau Peucang? Trus gw ma Faisal nanya ke petugas disana, karena penasaran kok pada pulang pagi, sementara kami rencananya pulang jam 9. Si Bapak bilang, cuaca lagi ga bagus, jam 9 biasa angin udah kencang, ombak jadi tinggi. OK, gw nanya Faisal “gimana Sal, mo pulang sekarang aja ga??” Faisal dengan nyantai menjawab “mm..ya udahlah, hidup mati di tangan Tuhan, kita tetap aja pulang jam 9”. Ok, sungguh orang yang beriman saudara Faisal ini.

Jalan ke dermaga, mba Woro udah ngajakin renang. Gw balik ke penginapan dulu, aktifitas di pagi hari, then ganti baju buat renang. Balik lagi ke pantai, trus masuk ke laut, masih adaptasi dulu, karena airnya dingin. Jalan makin dalam, trus mba Woro join. Badan udah adaptasi gw langsung nyelam dulu, trus renang. Diri, liat Rere dateng, kirain Rere mau renang juga, ga tau nya “Kita balik jam 7 jadinya, sekrang sarapan trus langsung siap-siap”. Faisal merubah rencana, imannya goyah…hahahhaaaa…. Wah…belum 2 menit renang nya udah di panggil… huhuhu….mending ga usah nyebur tadi, terpaksa harus mandi dulu deh, bilas dengan air tawar. Tapi at least hari terakhir masih sempet merasakan laut Peucang, halah!!!

Mandi buru-buru karena udah jam 7 kurang 15 dan Faisal bilang berangkat jam 7. Sarapan plus ngopi dan packing. Yup…mari kita berangkat. Cuaca agak mendung. Tapi setelah berperahu beberapa menit, waww…biru nya langit, tenangnya laut, bahkan sedikitpun ga kena percikan. Mantap!!! Beda banget ama waktu menuju Pulau Peucang yang parah habis perjalannnya, near-death experience kalo isitlah Faisal di comment-comment foto fesbuk. Ryan, Jo, gw, Dina, mba Deny, ngobrol di depan, sambil duduk santai. Ngobrolin soal Deplu, soal kerjaan, strategi kuliah dulu, kemudian Kikid dateng menyusul join obrolan kami. 3 Jam perjalanan berjemur di perahu dibawah panas terik matahari. Seru…seru… untung ga ngajakin main UNO lagi hahhaa… tiba-tiba PAL dan kaget bisa nyemplung ke laut tuh orang, tapi lebih seru kali ya…yang kalah diceburin ke laut hahahhahaa…sadis bener…

Penantian Angkot and Back To Jakarta
Setiba di desa Taman Jaya, penginapan Sunda Jaya milik pak Komar, kami istirahat disana. Akhirnya ketemu juga dengan pak Komar yang terkenal di seantero dunia per-Peucangan-an. Beliau mengijinkan kami istirahat di penginapannya sambil nunggu angkot yang akan membawa kami balik ke Labuan. Angkot nya belum dibook sebelumnya, karena di Pulau Peucang, tidak ada sinyal sama sekali. Sebelumnya kami udah minta nomor hp supir angkot yang membawa kami ke Sumur dari Labuan. Tapi pas ditelpon nomornya tidak bisa dihubungi. Nanya pak Komar katanya ada mobil pick-up yang bisa mengangkut kami sampai ke Sumur, terus dari sana nunggu bis yang menuju Serang. Tapi harga mobil pick up nya kemahalan, masa deket gt kena 200.000?? Trus siang terik banget lagi, dijemur dah tuh di pick-up. Batal! Trus nyari lagi, ada nomor supir angkot yang bisa dihubungi, katanya jam 3 baru bisa. Hmmm…kami pun menanti, no choice, ada mobil lain tapi di telpon bannya lagi kempes… Gw sempet tidur malah sejam. Bangun-bangun yang laen lagi main UNO.

Di penginapan pak Komar ini kami makan, tapi tetep aja dengan menu yang sama, Indomie goreng atau indomie rebus, atau nasi goreng. Huaaa..tapi at least masakannya jauh lebih bercita rasa. Selama di Peucang makanannya kalo ga ada rasa yah keasinan. Kami udah sepakat, setiba di Serang, kami akan nyari restoran dan makan sepuasnya…balas dendam selama 3 hari makan kombinasi indomie dan nasi. Tapi karena berangkat aja udah jam 4 lewat, dan tiba di Labuan saja udah jam 7, rencana tersebut batal. Selama di Peucang, mahluk-mahluk ini sudah berhalusinasi, ada restoran Padang, ada udang bakar, krapu bakar, ayam saos tiram…beh…efek micin dari Indomie gini nih…membuat orang berpikiran aneh2.

Oh ia, ongkos untuk angkot pulang Rp. 400.000 untuk semua, jadi sistem carter-an gt, ga ngambil penumpang di jalan, tutup pintu. Karena kawatir ga ada bis lagi di Labuan, mba Deny and Fai nyuruh gw nego harga kalo dianterin sampai ke Serang, karena gw duduk di depan. Si abang supir ga mau turun harga dari 650.000, padahal kami budget-n hanya Rp.550.000 kalo engga mentoknya ke Rp. 600.000. Gw nanya2 tuh supir, masih ada ga bis dari Labuan kalo udah malam, kata beliau jam 7:30 terakhir. Well, cek jam, dan gw minta beliau agak cepetan hehehe… Yup, tiba di Labuan bis terakhir sudah siap2 di terminal. Mantap! Kami naek bis langsung jalan, what a lucky…

Perjalanan 4 jam dimulai. Awalnya pada lemes semua, kemudian si bis berhenti entah dimana dan gw, Fai, dan Pipit turun di Indomaret beli minuman dan snack, dan langsung rameeee… Abis itu udah ngobrol aja terus gt di bis, sampai ke terminal Kalideres jam 11 malam. Balik ke Depok 4 kali naek angkot, Kali deres – Slipi, Slipi – Pancoran, Pancoran – Pasar Minggu, Pasar Minggu – Depok, dan mendarat di kosan 00:40

Ini dia laporan keuangan selama di Peucang, prepared by Mba Deny, thanx mba Deny…

Saweran :@ Rp 281.000 x 14 orang = Rp 3.934.000
Pengeluaran :
1. Makan siang di Sunda kelapa Home stay : Rp 182.000
2. Belanja untuk keperluan di pulau : Rp 213.300
a. 10 kg beras : Rp 45.000
b. 14 bungkus mie goreng : Rp 23.800
c. 14 bungkus mie rebus : Rp 21.000
d. 2 galon Aqua : Rp 36.000
e. 2kg telor ayam : Rp 40.000
f. 3 bks rokok untuk bapak yang masak : Rp 21.000
g. 1 bks sabun cuci : Rp 1.000
h. 1 bks garam : Rp 1.500
i. 1/4 ltr Minyak goreng : Rp 3.000
j. 3 kaleng sarden : Rp 21.000
3. Sewa perahu PP : Rp 1.900.000
4. Retribusi masuk pulau peucang @Rp 2.500 x 14 : Rp 35.000
5. Penginapan 2kmr x Rp 200.000 x 2 hr : Rp 800.000
6. Biaya tambat kapal di pulau : Rp 100.000
7. Guide trekking @ Rp 10.000 x 14 orang : Rp 140.000
8. Ongkos bapak yang bantu untuk masak : Rp 150.000
9. Tips untuk bapak tua di rumah Pak Komar : Rp 8.000
10. Elf Taman Jaya - Labuan : Rp 400.000

Total Pengeluaran : Rp 3.928.300

Jadi total pengeluargan gw sendiri:
Saweran: Rp. 281.000
Ongkos XDeres – Labuan: Rp. 25.000
Ongkos Labuan – Taman Jaya: Rp. 25.000
Additional Ongkos Taman Jaya – Labuan: Rp. 3.000
Ongkos Labuan – X. Deres: Rp. 25.000
Kali Deres – Depok : Rp. Rp. 10.000.
Total : 369.000


Tips ke Peucang:
1. Jangan mau dikibulin ama orang-orang sono, dibilang cuaca ga bagus, ga taunya supaya kami tidak ke Tanjung Layar, Cidaun dan Cibom, jadi mereka bisa santai dan solar ga kebuang…dasar… Kami juga taunya setelah mba Woro ngobrol dengan team lain pas ketemu di penginapan Sunda Jaya Pak Komar.
2. Bawalah makanan sebanyak mungkin dan lebih bergizi ^__^
3. Bawa peralatan snorkel sendiri, peralatan diving kalo mau
4. Bawa pancing, jadi bisa makan ikan 

11 comments:

made said...

Acara seru banget...backpacking ujung kulon uuuuuuhhhh
dari biaya nya gak terlalu banyak yah....tapi lumayan. karena saya lihat di website ujung kolon itu perorang bisa sampai 950.000. itu artinya kalian group yang sangat hemat..

sepertinya lebih seru lagi trip selanjutnya saya bisa joint...hehehehe jadi pengeluaran nya bisa lebih hemat lagi....

C U di Trip selanjutnya ya Ius....I hope soon

Ekowisata Ujungkulon said...

Wajar aja kalo jalan2 backpackingan ke Ujungkulon bisa lebih murah dari paket wisata yang dijual perusahaan travel dari Jakarta atau Carita. Saya dkk dari Admire Ujungkulon bisa organize trip buat anak2 back packer dg harga murah.. Kenapa? Ayo gabung dulu deh ke group Ekowisata Ujungkulon di FB. He he he.. salam kenal ya semuanya..

iCadabra said...

mantap brother.....empat jempol dah..

Unknown said...

segarnya tulisan adik ...

Anonymous said...

kaka minta contactnya pak komar dong kaka,makasih :)

Unknown said...

Udh ke peucang ka? Rencana tgl 20 juni mau kesana, tp lg cari orang nih. Kita share cost kok klo mau gabung bisa email saya fipal@yahoo.com.thanks

Prediksi Togel said...

Selamat Datang di Website OM AGUS
Izinkan kami membantu anda
semua dengan Angka ritual Kami..
Kami dengan bantuan Supranatural
Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
Mengagumkan…Bisa Menerawang
Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
dengan sangat Membutuhkan
Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
berada Di blog yang sangat Tepat..
Kami akan membantu anda semua dengan
Angka Ritual Kami..Anda
Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
Saja

paalll said...

Hai... salam kenal.
Boleh minta kontaknya pak komar nggak? Gue pengen banget ke peucang dan sekitarnya. Tapi masih buta soal ujung kulon dan medannya... hehe
Makasih sebelumnya :)

pak muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Verawati said...

boleh minta kontak untuk penginapan dan sewa kapal disana ?

Unknown said...

Wah bagus banget pulau peucang
semoga pariwisata Indonesia makin maju