19 May 2009

Semarang & Karimun Jawa, 8 – 13 April 2009 - part 2

Day 4 - Sabtu, 11 April 2009, Heading to Karimun Jawa, Pulau Cemara Kecil, Tanjung Gelam
Sabtu pagi, jam 7:30 udah jalan meninggalkan penginapan. Naik taksi langsung ke pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Dari penginapan ke pelabuhan hanya setengah jam, Semarang memang ga ada macet-macetnya deh, sejauh gw disana ya… Tiba di pelabuhan udah terlihat kapal cepat Kartini, Karimun Jawa Ocean Park. Udah rame tuh orang-orang foto-foto dengan background kapal cepat Kartini, as usual lah untuk dokumentasi perjalanan hahaha…

Hasrat pengen narsis sudah menggebu dalam dada ini, weksss…parah bet!, tapi apa daya harus beli tiket dulu karena kami ga beli hari sebelumnya. Antri belinya, harga tiket Rp. 105.000 plus asuransi Rp. 6.000 total Rp. 111.000,-, Ryan, Mba Eko, dan Mba Deny, langsung beli tiket PP untuk balik hari Minggu, total Karimun – Semarang dengan kapal yang sama Rp. 109.000,- beda 2 rebu!!! Total mereka bayar jadinya Rp. 220.000,-.

Fyi, kapal ke Karimun ga ada tiap hari, untuk kapal cepat dari Semarang, hanya sekali seminggu naek fery cepat, yaitu tiap Sabtu, jam 09.00 tiba di Karimun sekitar 3.5 – 4 jam, tergantung angin. Kapal Kartini ini balik dari Karimun Jawa – Semarang hari Minggu jam 14:00. Kalau mau dari Jepara berangkat tiap Rabu dan Sabtu jam 09.00. Untuk info lengkap bisa telpon ke nomor berikut ini, sekalian nanya fery-nya jalan apa engga, karena kalau angin kencang fery ga akan jalan, seperti bulan Jan- Feb 09 kemaren benar-benar ga jalan tuh fery (based on information dari penduduk setempat):

- KMC Kartini I (dari Semarang)
Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Propinsi Jawa Tengah
Jalan Pamularsih no.28 Semarang
Telepon (+62-24)7602952
Fax (+62-24)7622536
- KMP Muria (dari Jepara)
PT ASDP cabang Jepara
Jalan Kolonel Sugiono no.290 Jepara
Telepon (+62-291)591048

Setelah beli tiket kapal, kami, tepatnya Mba Eko, nyari makan di sekitar pelabuhan. Ketemulah penjual nasi gudeg, yang satu porsinya Rp. 7.000, mba Eko pun membeli 10 bungkus. Duduk nge-gembel di pelabuhan sambil makan, sedap dah… ini baru backpacker hahhaa… *seolah-olah yang disebut backpacker itu harus selalu menderita hehhee…*

Di pelabuhan ada tante yang exist banget, tante baju merah…narsis banget sih tante, kenalan dong… huahahaa… Di pelabuhan juga terlihat si bule yang sering masuk tv di acara bule gila, udah terkenal juga sih nih bule, gw aja lupa namanya. Lagi shooting acara jalan-jalan sepertinya dari Trans 7. Mba Eko sewot liat tuh bule, karena dia nyapa si bule dia dicuekin hahaha… sabar tante Eko…di tv bisa aja orang kelihatanya ramah, tapi di kehidupan nyata ya begitulah…

Perjalanan di mulai jam 9 teng, on time banget! Good work!!! Ruangan di kapal fery nya ber AC, pewe deh. Baru masuk juga udah disedian suguhan lagu-lagu yang ada teksnya, hampir gw mau karoke, diri didepan dan nyanyi sambil joget hahahaa…narsis abis dah… mo gimana ya, panggilan jiwa sepertinya, weksss… Gw terasing sendiri di nomor duduk 10A, sementara 5 teman lainnya ngurut dari 12A-12E *tul kan ya…*. Gw rada males liat cewe di sebelah gw, agak-agak nyolot, ga yakin gitu dia gw duduk di situ, dia minta tiket gw untuk mastiin, untung gw lagi nelpon mas Ari, yang punya penginapan di Karimun Jawa, gw kasih aja tiket gw, dia cek, trus dia ngangguk-ngangguk dan pergi. Sialan nih cewe, udah ngecekin toh ga duduk disitu…shut!!! Jadi cewe biasa aja napah…jangan rese…mending cakepp… hahahaa… *again, seolah-olah kalo cakep bisa rese… :P*

Main UNO di ferry
Masih awal perjalanan, hasrat main UNO udah menggebu. Udah cari-cari tempat yang pewe untuk maen UNO. Gw nanya petugas yang kebetulan duduk di belakang gw apa udah bisa keluar pa belum. Belum bisa, karena harus pemeriksaan tiket dulu. Sip dah. Abis pemeriksaan tiket si bapak langsung mengijinkan keluar dari fery. Kita keluar ke depan fery, kirain asik, eh panas nya ampun-ampun. Susah juga maen UNO. Ga jadi, kita masuk lagi, perjuangan pencarian tempat maen UNO dilanjutkan *halah!*, jalan keluar ke bagian belakang fery. Sip, nemu deh, agak-agak nyempil dikit sih. Kita dengan cuek nya main UNO di fery padahal rame banget. Kita teriak-teriak dan ketawa-ketawa waktu PAL orang-orang pada ngeliatin.

Udah mulai bosen dan mulai pusing karena ombak makin kerasa, eh malah ada seorang bule bernama Bastian, bule Jerman, mau join main UNO. Yah, terpaksa deh main lagi, padahal gw udah mau masuk, Ryan juga da bilang pengen stop. Akhirnya kita maen berempat, gw, Ryan, Faisal ama si Bastian. Sambil maen nanya-nanya Bastian, ternyata dia guru di Pekalongan udah 6 bulan, jadi bule Pekalongan dia. Ngajar bahasa Inggris di sekolah Muhammadiyah. Tapi baru-baru ini dia pindah ke Semarang jadi dosen. Entah kenapa maen berempat mainnya cepet banget, dan tiba-tiba Ryan yang biasa kalah menang di permainan ini. Si Bastian selalu kalah kalau PAL, dan selalu bottom 2 bareng gw hahhaahaha…

Karimun Jawa

Perjalanan 4 jam terlewati sudah, sejam terakhir sih gw tidur, pusing banget… Bangun-bangun udah pengumuman siap-siap turun di Karimun Jawa. Mas Ari, yang punya penginapan yang akan kami tinggali, nelepon gw, ngasih tau posisi ketemu dimana. Ketemu mas Ari dengan topi Trans 7 nya. Kenalan dulu, trus mas Ari nge-jelasin cara jalan ke penginapan dia, lurus, kiri, kanan, kiri, lurus terus, persimpangan kedua ke kiri, ada tempat duduk banyak diluar. Sip dah…Karimun Jawa memang bukan kota yang besar. Kami memang memilih jalan kaki, karena jaraknya paling jauh 1km kata mas Ari, kalau mau nyewa mobil, satu mobil Rp. 30.000,- disedian oleh mas Ari, tapi penghematan mending jalan deh.

Welcome to Karimun...
Tulisan Selamat Datang di Karimun Jawa menyambut kami dan menyatakan kami telah resmi menginjakkan kaki di Karimun Jawa. Berjalan sesuai petunjuk arah yang diberikan mas Ari. Sambil jalan kami sekali-sekali di cek ama mas Lukman, temannya mas Ari, yang memastikan kami ga salah jalan. Baik sekali mas Ari ini, customer is the king :P. Jalan sekitar 20 menit nyampe juga di penginapan Karimun Indah punya mas Ari. Disambut dengan makan siang prasmanan. Ternyata disana sudah tiba lebih dulu rombongan “jalan bebas”, rame banget. Untuk kita ber-enam udah disiapin satu meja khusus dengan menu makanan yang sudah dipesan sebelumnya. Makan siang kena charge Rp. 17.500/orang. Selain makan siang, disambut dulu dengan welcome drink berupa air kelapa seger…

Selagi kita masih makan, rombongan jalan bebas udah berisik, “ayo makan yang cepat ya…udah sore nih, kita harus segera jalan ke pulau pertama, waktu makan 10 menit lagi, nanti abis makan kita bagi kamar terus masukin barang ke kamar langsung siap-siap ya…”. Kami sebagi backpacker independent yang arrange sendiri semua perjalanan mulai kasih comment “ayo..cepat…cepat…hahhaa…ngapain lo bayar mahal waktu lo diatur-atur, ga bisa menikmati…” Itulah kekurangan kalau ikut milis-milis yang bayar dan mereka nentuin itinerary sendiri. Lebih baik seperti kami *ciehh..narsis…*, buat itinerary sendiri, nyari teman-teman yang mau ikutan, trus kerjasama nyiapain semuanya… Cost bisa di minimize, waktu sesuai kesepakatan, kecuali untuk hal-hal yang penting, seperti keberangkatan fery, dll.

Ada hal unik waktu abis makan siang, di meja sebelah kok disediain pisang meja kami tidak?? Mba Eko pun mengambil pisang dari meja sebelah satu sisir, ga nanggung-nanggung :P. Trus kita makan dengan santai. Trus, mas Lukman datang, “ayo mas…mba..perahu nya udah nungguin di dermaga”. Sip, kita mau dianterin ke penginapan, trus masih tergoda dengan pisang yang masih ada di meja sebalah, trus nanya mas Lukman, “mas pisangnya bisa dibawa ga??”, karena mas Lukman liat pisang nya ada di meja kami dia bilang “bisa, bawa aja mba…”, trus mba Eko gerak lagi mau ambil sisa pisang di meja sebelah, mas Lukman liat “eh, pisang dari meja sebelah ya, itu jangan mba, yang punya orang lain”, wakakakaa…. Mba Deny langsung tertunduk malu dan nyengir dan kami ketawa-ketawa karena pisang yang udah disiapin mba Deny untuk dibawa ke penginapan sama juga hasil curian dari meja sebelah hahahhaa…

Pulau Cemara Kecil

Mas Lukman nganterin kami ke penginapan Wisma Arianni, karena penginapan mas Ari di Wisma Karimun Indah udah penuh dipake ama orang-orang dari jalan bebas. Dari awal sih mas Ari udah ngasih tau hal ini, jadi that’s fine. Biaya penginapan untuk sekamar berdua Rp. 60.000/malam, kalau sekamar bertiga Rp. 80.000/malam, kalau berempat Rp. 90.000/malam. Kami makai 2 kamar yang sekamar bertiga.

Naro tas langsung siap-siap untuk memulai trip di Karimun Jawa. Sesuai masukan dari mas Ari kami akan mulai dari Pulau Cemara Kecil trus dilanjut ke Tanjung Gelam untuk nge-sunset. Sip! Kita jalan ke dermaga yang hanya berjarak sekitar 200m dari wisma. Di dermaga perahu kita udah siap dengan 3 kru perahu yang siap membawa kita. Mas Lukman juga ngasih tau kita, ada join 2 orang, yang akhirnya tau namanya Yaya dan Nyit-nyit. Kalau waktu ke Pulau Peucang nambah teman juga yang namanya perulangan dan 2 orang yang sahabatan juga, Kikid dan Pipit, sekarang di Karimun Jawa nemu lagi 2 mahluk yang sama, sahabatan abis dengan nama yang berulang, tapi ga seperti Kikid dan Pipit yang memilih huruf vokal I, yang 2 ini make vokal A dan vokal I, Yaya, Nyit-nyit.

Waktu perahunya da mau jalan, Ryan masih pergi nyari sesuatu untuk keperluan memancing di warung. Dan ga nongol-nongol juga…hmm..panas nih bos…buat emosi aja nih anak… Ditelpon susah masuk… Akhirnya dia yang nelpon gw, gw kerjain gw bilang aja udah di Tanjung Gelam, eh dia malah “ooo…jadi lo sekarang di Tanjung Gelam ya? Jadi gw ketemu lo di Tanjung Gelam?” dong…dong…dong Ternyata dia ga tau Tanjung Gelam itu harus nyebrang pake perahu juga…

Perahu kita menuju Pulau Cemara Kecil, lama juga perjalannya 45 menit. Lautnya tenang banget, ga seperti waktu ke Peucang yang ombaknya ampun-ampun. Perahu nya hampir satu ukuran dengan perahu waktu di Peucang. Dari perahu beberapa pulau lainnya terlihat, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil juga terlihat.

Gila!!! Keren banget pulau cemara Kecil, kita berhenti di laut, ga nyampe nyandar di dermaga, karena ga ngeliat dermaga juga. Wah…hijau banget…dari perahu aja udah terlihat karang-karang laut dan biota laut lainnya. Kita langsung ganti baju dan nyebur ke laut, ga dalam, pas untuk berenang buat yang ga bisa renang, karena kaki masih bisa nginjak, tapi harus hati-hati karena banyak karang. Sayang gw ga bawa kaca mata renang, mau nyewa juga ternyata yang punya perahu ga punya. Untuk bisa tetep menikmati gw minjem kacamata Ryan, gantian gitu makenya hehhee…thanx Ryan…

Di Pulau Cemara Kecil ini kita nemuin beberapa bintang laut, dan kita foto-foto dengan bintang laut nya, keren dan seru deh… Snorkling disini harusnya seru, duh…nyesel deh ga persiapan banget, karena pas baca blog orang-orang katanya ada penyewaan alat snorkling, trus mas Ari juga bilang yang punya perahu nyewain, ternyata yang punya perahu kami ga nyewain tuh…sial…

Kami sama sekali ga menginjak pulau Cemara Kecilnya, cuma ngeliat dari laut dan perahu, intinya pasirnya pasir putih, dan garis pantainya ga panjang dan pulau tanpa penduduk.

Tanjung Gelam
Tanjung Gelam beach... perfect!!!
Sehabis dari pulau Cemara Kecil, perahu bergerak menuju Tanjung Gelam buat nge-sunset. Masih jam 4 sih, tapi mending nungguin disana. Dari Pulau Cemara Kecil ke Tanjung Gelam naek perahu sekitar 30 menit. Wauw…perfect beach!!! Pantai pasir putih, langit yang biru, pohon kelapa yang berbaris rapi. Ada juga disebelah kiri pantai batu-batuan seperti di pantai Belitong *walau hanya liat di pilem Laskar Pelangi*, walau batu nya ga besar-besar at least baguslah terlihatnya. Tanjung Gelam juga pulau tanpa penduduk.

Foto-foto disini keren banget deh, cuaca juga mendukung banget. Kita nungguin sunset di Tanjung Gelam. Asik juga nungguin sunset disini sambil photo session. Bapak-bapak kru perahu dengan berbaik hati manjat pohon kelapa untuk ngambil kelapa muda. Sehabis photo session dan nungguin sunset, kami berenang bentar di pantainya, snorkling tanpa snorkel, hanya modal kacamata renang. Di pantainya snorkel ga seseru di Cemara Kecil, tapi waktu lihat dari perahu agak ke tengah harusnya karangnya bagus-bagus banget. Tapi agak dalam, kalau ga bisa renang dan tanpa pelampung rasanya bahaya.

Sunset view from Tanjung Gelam Beach...
Jam 6 lewat baru cabut dari Tanjung Gelam, perjalanan ke Karimun juga hampir makan waktu 45 menit. Badan sudah cape, tapi hati masih riang gembira, terbukti gw ama mba Deny masih semangat nyanyi-nyanyi sepanjang perjalanan hehehe…

Mandi ngantri, karena di penginapan kami kamar mandi-nya hanya ada tiga sementar tamu lagi banyak. Abis mandi gw sempetin ke rental komputer sebelah penginapan untuk transfer foto-foto selama di Semarang, udah penuh memory gw, 2 giga padahal. Penjaga dan yang empunya rental bernama mas Eko, seorang guru muda yang mengabdi di Karimun Jawa menjadi guru di SMK. Lumayan lama transfer foto-nya, gw tinggal makan jadinya. Untuk transfer foto gw kena charge Rp.10.000. Oh ia, di Karimun Jawa ada layanan hotspot dari kecamatan yang gratis digunakan masyarakat. Mantap deh…gretongan gitu….

Makan malam kami masih disediakan oleh Mas Ari si empunya penginapan Karimun Indah. Disediakan dalam artian bayar juga ya… Menu kali ini ikan bakar dan teman-temannya, nah untuk makan malam ini kita dikenakan biaya Rp. 20.000/orang. Worth lah, enak ikannya. Seperti siang itu, kami makan bareng romobongan jalan bebas. Mereka udah makan duluan. Kita ngeliatin mereka sambil comment lagi, “duh, udah jalan bareng belum ngomongan juga, diem-diem aja… belum kenalan apa yah??”. Ternyata benar, sesi kenalan dimulai abis makan malam. Beberapa orang yang kenalan dan dimintai pendapat mengenai trip mereka menjawab “seru, seru…” tapi dengan muka malas dan ga nunjukin kalo trip itu seru hehehe… Gimana mau seru ya, waktu kita dibatasi untuk hal ini dan itu, this is vacation men!!! Feel free to do what you want to do, right?

Abis makan kita ber-enam main UNO lagi, permainan wajib, daripada langsung tidur…iddddiiiih.. !!! *ngikut si bapak taksi*. Disebelah rombongan jalan bebas lagi acara kenalan, kita maen UNO dengan berisiknya, apalagi kalau lagi Pal, udah deh, tuh meja udah digebrak-gebrak aja… Setiap teriakan-teriakan dahsyat nan menganggu, semua kepala akan berpaling melihat kami… ah…aku jadi malu diliatin gitu… weks…

Mereka bubar duluan “ayo tidur…besok pagi harus bangun ngejar sun rise…”, yuk mari…kita masih lanjut main UNO sampai bosen, dalam artian bosen liat aksi jo, yang banyak aksi tak ada hasil!!! Gaya aja kau Jo!!!! Ga pernah menang pun kau… cem betul aja… jangan banyak kali gaya kau…!!! *huahahhaa… Medan kali*

Day 5 - Sabtu, 12 April 2009, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar

Pagi rencana untuk ngejar sun rise di Legon Lele, sesuai penjelasan mas Eko si empunya usaha rental. Trekking sekitar setengah sampai sejam. Udah nge set alarm 4:30. Tapi hujaaannn… Mba Deny udah ngebangunin ke kamar kami, tapi karena hujan tidur lagi. Trus Faisal cek lagi kamar kami, gw bangun dan langsung diri, biar ga ngantuk lagi, ternyata hujan udah reda… yeah…

Hal yang aneh adalah, tempat tidur Ryan bergeser agak ke tengah deket pintu, whatz up? Ada mahluk aneh kah yang menggesernya? Huahaha… pas tidur sih gw denger krasak krusuk geser tempat tidur gitu, ternyata Ryan kena cipratan air hujan…

Sun Rise view from Nirwana Lodge
Ryan dan Jo ga ikutan trekking menuju Legon Lele ngejar sun rise. Berempat jalan kaki di pagi hari, itung-itung olahraga, udah jam setengah 6 sih. Udah ragu apa keburu dapat view yang bagus buat sun rise. Karena Legon Lele *yang katanya best view buat sun rise* masih jauh, kita jadinya masuk ke Nirvana Lodge. Sebuah vila dengan view sun rise yang bagus dan pantai yang bagus juga…private banget nih tempat kayaknya. Cuma waktu kita kesana ga ada orang, jadi bebas aja masuk foto-foto dan nge-sun rise.

Karimun Jawa Traditional Market
Jam 7-an kita udah siap-siap untuk nyari sarapan dan memulai perjalanan hari ini. Ada 3 pulau yang akan dijelajah. Rencana awal nyari makan di sekitar dermaga, waktu mau belok kiri, eh liat di kanan ada pasar, liat-liat bentar pasar di Karimun Jawa seperti apa. Pasar kecil, yang aktif hanya sampai jam 10-an. Ada seorang ibu yang jualan nasi disana, cocok buat sarapan pagi, nasi plus ayam plus ikan asin plus tempe plus de el el. Hal paling kocak adalah, saat pembayaran, gw kena charge Rp. 10.000, ayam plus teh manis anget, trus Faisal melapor, makanan yang sama dia bayar Rp. 8.000, gw langsung nengok si Ibu…”kok beda bu??”, protes donggg… eh si Ibu jawab “ia toh, kan mas nya dapat ayam yang gede, mas nya ini dapet ayam yang banyakan tulangnya, jadi harus dibedain, entar mas nya protes lagi” hahaha…bener…bener… ya udah bu…pricing stragety yang bagus ;)

Si tante Eko nyari makan sendiri di warung seberang, mesen pecel yang katanya murah meriah hanya 2.000 perak, apa 3.000 ya? Lupa gw. Trus dia beli cendil juga, kalo soal makanan tante Eko hebat deh…semua mo dicoba…

Pulau Menjangan Kecil

Abis sarapan, perjalanan dimulai menuju Pulau Menjangan Kecil. Kita berhenti dipantai ga sampai nyandar di dermaga, karena menurut si Bapak perahu, kalau masuk pulau ini harus bayar, sekitar Rp.10.000/orang, idih…males bet ya… Akhirnya kita nyebur aja gitu dari perahu, daripada bayar… Yang nyebur pertama Faisal, ternyata dalam juga… kita minta si bapak perahu agak pinggiran dikit, jadi ga terlalu dalam. Untuk orang-orang yang “ga pede” renang jadi bisa napak di dasar laut. Ternyata tetap lumayan dalam, jadilah gw memapa nenek-nenek tua selama di lautnya sampai menuju pantai yang agak dangkalan. Nenek-nenek tersebut adalah mba Deny hahahhahaha… maaf mba Den….

Paling hebat adalah Yaya dan Nyit-nyit yang masih ditengah udah nyebur ke laut, pake pelampung juga sih. Emang kedua anak ini persiapan banget deh ke Karimun Jawa, pelampung bawa sendiri, snorkel punya, kacamata renang bawa, sepatu untuk renang bawa…jadi aman kalo napak di dasar yang ada bulu babi nya. Mereka malah teriak-teriak, sini donggg…sini keren banget… Ayo cepeten… Kita coba renang kesana, kok di dasarnya banyak yang item-item ya?? Eh ternyata itu bulu babi, banyak banget…ngumpul gitu, kita harus muter supaya ga keinjek, kalau ke injek badan bisa panas dingin… Di Pulau Menjangan Kecil ini harus super duper hati-hati, entar ada bulu babi yang nyempil satu di balik karang…

Nyit-nyit minjemin snorkel ama pelampung serta kaca matanya ke gw, komplit deh, soalnya mereka jago renang jadi ga kawatir… Yess…bisa juga menikmati keindahan bawah laut nya Karimun. Emang di bagian itu keren sih… Beberapa dari kita susah gerak menuju titik yang di tunjuk Nyit-nyit dan Yaya, karena “ga pede” renang. Sempet-sempetnya ada sesi training ke mba Deny oleh Nyit-nyit, ayo nafas…nafas…jangan panik… oalah… :D. Yaya ampe teriak-teriak…sini dongg… lama amat sih… sini keren lagi…sini gw tuntun.. Kita masih yang masih takut ama bulu babi. Sampai-sampai nyit-nyit teriak “ga ada bulu babi-bulu babi, bulu bali itu ga gerak, dia diem aja disitu, yang penting jangan nginjek aja…” Oala bu…itu dia masalahnya, gerak dikit bulu babi, kita kan ga pede renang gitu, dikit-dikit napak, kalo pas pengen napak nginjek bulu babi gimana hayo… Akhirnya sih mendarat juga di titik yang disebut ama Nyit-Nyit ma Yaya.

Nah masalah berikutnya waktu kita teriak manggil perahu, perahu kita udah deket pantai, kita udah agak ketengahan, yang udah ga mungkin kita renang ke pinggir pantai, bulu babi dimana-mana… Kita udah deket dermaga nya, dermaga jauh dari pantai. Sambil nunggu si bapak perahu, kita renang ke dermaga, dalem banget… gw minjem pelampung buat nyebrang, Faisal dan Nyit-nyir dengan nyantai renang sendiri… Trus yang laen nungguin pelampung, jadi tukeran… Gw malah heran, si Ryan kok panik banget ya… takut banget renang ke dermaganya… Tak kirain lo jago renang bos…ternyata…ah…dirimu buat malu aja…padahal udah pake pelampung juga hahahhaa…

Paling males waktu kita lagi nunggu bapak perahu di dermaga, rencana mau foto-foto, gaya loncat ke laut gitu, eh pas mau ambil kamera, seorang bapak udah nampang di pantai melototin!!! Tatapannya seolah berkata “bayar ga lo??? Kalo engga, pergi sana!!!!!!!!!” Anjrit nih orang…ini kan ciptaan Tuhan…rese abis lo ah…

Pulau Menjangan Besar
Me and the shark!
Sehabis dari Menjangan Kecil, Pulau berikutnya adalah Pulau Menjangan Besar. Jarak antara Pulau Menjangan Kecil dan Menjangan Besar ga jauh, naek perahu 15 menit doang. Nah, di Pulau Menjangan Besar harusnya bisa juga berenang dan snorkling, tapi katanya bapaknya pantainya lumayan berombak, kalau mau silahkan, tapi saran bapake mending jangan. Di Pulau Menjangan Besar kita akhirnya berenang dengan hiu, ga percaya lo??? Nih foto-nya. Tujuan utama ke Pulau Menjangan Besar memang melihat penangkaran hiu, dimana kita bisa berenang juga dengan hiu-hiu itu. Dan tentunya kita ga mau melewatkan kesempatan langka ini :D.

Paling seru waktu si bapak penjaga penangkaran hiu ngasih makan hiu nya dan kita lagi di dalam kolam, otomatis si hiu nyambar makanan yang di lempar dan si hiu berkumpul di satu titik, kita diri dan si hiu hilir mudik di kaki kita. Kita pun nyanyi lagu favorit sekaligus lagi kenangan Ryan di kolam itu “Ditowal towel jangan mere mere…” hahhaa… Agak-agak serem juga waktu si hiu siliweran di kaki, jangan-jangan salah gigit lagi nih hiu…ternyata aman-aman sajaaa… Seru…seru…pengalaman yang unik…

Di Pulau Menjangan Besar kita benar-benar hanya berenang dengan hiu dan ga makan waktu lama. Masih jam 11. Mba Eko, Ryan dan Mba Deny, pulang ke Jakarta hari itu juga, fery jam 2. Itung-itungan waktu, kalau mau ke Pulau Cemara Besar makan waktu 45 menit, PP 1 jam setengah, setengah jam disana masih jam 1 entar balik ke Karimunnya. Mereka takut ga keburu, jadi ya udah… kita balik ke Karimun. Beres-beres, kita bertiga (gw, fai n jo) juga beres-beres karena harus pindah penginapan ke Karimun Indah. Ternyata penginapannya masih diisi. Ya udah kita putusin kita bawa tas ke perahu dan berangkat ke Pulau Cemara Besar. Mba Eko, Mba Deny dan Ryan istirahat di penginapan sambil makan siang nunggu waktu keberangkatan. Ok d, mba eko, mba deny dan ryan, hati-hati ya…thanx for joining us on this trip…

Pulau Cemara Besar

Nyit-nyit dan Yaya masih nungguin di perahu. Yang jalan ke Pulau Cemara Besar jadinya berlima. Perjalanan lebih 45 menit. Makan di perahu, abis makan terkantuk-kantuk sambil menikmati semilir angin laut. Di perahu masih sempet jemur pakean yang basah, biar ditas ga berat :D.

Again, Cemara Besar....
Perjalanan ke Cemara Besar agak berombak, tapi ga parah, biasa aja, dibanding dengan sehari sebelumnya yang lautnya tenang bangettt… Mendekati Cemara Besar terlihat garis pantai putih gitu, gw sempet bilang ke Fai, berombak tuh…disana ombaknya gede, Faisal bilang, engga ah…itu warna lautnya lagi…tapi kok putih gitu sih… Semakin mendekati ternyata itu warna lautnya. Keren abis… ternyata pasir putih di tengah laut, tapi itu dangkal, dan itu panjang banget seolah menyambung 2 pulau, Cemara Besar dan pulau Menyawakan kalo ga salah. Keren, asli!!!! Perfect!!! Untuk snorkling juga bagus banget…karang-karangya dan ikannya mantep dah… Untung gw inget minjem kacamata renang mba eko hehehe…thanx mba Eko…

Di Cemara Besar, si bapak perahu juga snorkling sambil nyari jawil. Mereka teriak…”mas…ini banyak nemu Jawil, entar mau makan ga?? Biar dicariin lagi”, ya uwes kita mau dong… mereka dapet banyak… Trus kita jalan ke Pulau Cemara Besarnya… wah…airnya hanget…gw berendam dulu, asik banget… Si Bapak perahu nyiapin api untuk ngebakar… Abis berendam dan moto-moto, kita join, beberapa udah mateng…daging jawil nya masih terbungkus cangkang. Abis dibakar, harus di hancurin cangkangnya dengan palu. Wah…maknyus banget nih jawil…ga pake kecap, garam or sambal tapi mantep abis…apalagi kalau dapet yang ada telornya, manis…uenak tenan rek…

Gw, Fai and Jo sempet berencana muterin tuh pulau, karena kata bapaknya bisa di puterin, malah bapaknya mesen kalau nemu jejak penyu bertelur panggil kita ya… Kita nyoba, ternyata makin jauh makin ga bisa di jalani, harus sambil renang dikit. Kita balik deh jadinya… Menurut info dari bapak perahu, pulau Cemara Besar ini dulu tempat sekolah pelayaran. Pas gw tanya bekas gedung nya dimana, katanya udah dihancurin.

Abis nge-jawil…oalah istilahnya… kita balik ke perahu dan melanjutkan perjalanan. Karena pulau yang laen itu jauh-jauh dan beberapa pulau harus bayar kalau masuk, ada yang pake dolar lagi..najis banget yah…pulau-pulau kita ini telah di miliki orang asing…hiks…, kita akhirnya milih ke Tanjung Gelam lagi. Kemaren itu ke Tanjung Gelam belum renang dan ada pantai berbatu yang belum dijelajahi…

Halak Hita di Karimun (Orang Batak di Karimun)

Malamnya, kita ga mesen makan dari penginapan Mas Ari, pengen nyoba nyari sendiri. Tapi kita nyari tiket fery dulu untuk pulang besoknya. Pergi ke ASDP yang ternyata malam juga masih buka. Mesen tiket yang VIP, AC lah ceritanya, ini bukan fery cepat, tapi fery biasa…harga tiket Rp. 58.250,- per orang plus asuransi. Lagi ngobrol ama penjual tiketnya, petugas fery, dia nanya-nanya dari mana, orang mana, dan gw jawab, orang Medan, dia nanya marga apa, gw jawab Simanullang, dia langsung nyalam gw sambil bilang Samosir…oalah…batak juga, ngomongnya da jawa banget… Waktu ga ada kembalian dan kita ngasihnya kurang, dia bilang “ya udahlah…anggap aja harga saudara..” hahaha.. mauliate bapa tua samosir…

Keluar dari kantor ASDP, kita jalan nyari makan, sesuai dengan petunjuk mas Ari, deket lapangan ada warung. Yup, right, ketemulah sebuah warung. Ambil sendiri cuyyy…pas banget dah…laper gini solusi paling baik adalah makan yang ambil sendiri alias prasmanan… Pas makan, terdengar bapak yang punya warung ngomong ke anaknya dengan logat Medan. Jo langsung comment, wah…orang kita keknya… Mungkin karena si bapak dengar, trus dia ajak ngobrol… Pas ngobrol ama kita sih logat jawa abis… Pas kenalan, ternyata batak juga… marganya Sitorus lagi, sama ama Jo dan Faisal. Oh ia, si Fai sih marga Pane, tapi kalau di batak biasa itu dibilang Sitorus Pane. Dan Faisal baru tau itu, secara dia batak kafir hahaha…dia sendiri yang bilang loh…bukan gw… Abang Sitorus ini humble banget… dia manggil Faisal aja abang, karena marga Pane lebih tua *secara silsilah batak* dari pada Sitorus… Makin mantaplah pembicaraan sambil makan… Belum lagi dia manggil gw tulang karena ada sodaranya yang marga Simanullang, dan dia harus manggil tulang ke gw. Ampunn…gw langsung bilang “bang, ga usah manggil tulang lah…ga kuat aku dipanggil yang lebih tua tulang, make umur aja lah bang, ga usah make silsilah batak kita sekarang…” Hehehe…. Coba ngobrol make bahasa batak, abang Sitorus masih bisa, karena terlalu lokal yang membuat Faisal dan Jo ga ngerti kita jadinya make bahasa Indonesia ajah…

Habis makan obrolan masih lanjut…ya ialah…semarga ketemu di pulau Karimun Jawa yang pasti suatu kejadian yang sangat langka… Tapi sayang, si Jo nih kurang respon menurut gw…dasar kau Jo…tak ngerti adat kau…!!! Banyakan ngobrol ama abang Sitorus ini jadinya gw… Abang ini nawarin minum kopi lagi… waktu kakak *istri abang Sitorus, marga Lubis* lagi buat kopi terrciumlah aroma kopi yang khas di hidung ini… tak lain tak bukan kopi Sidikalang… Minta konfirmasi ke abang itu, ternyata abang itu baru pulang dari Medan dan dia bawa kopi dari Medan, ya udah lah…ngemeng doang tuh kopi Medan, aku yakin itu kopi Sidikalang!!!! Aroma nya ga bisa nipu apalagi rasanya… maknyuss….

Kopi Sidikalang
Pembicaraan dilanjut sambil minum kopi, ternyata bang Sitorus ini udah 13 tahun merantau dan menikah dengan kakak boru Lubis disana. Ditengah pembicaraan, Faisal mengirim sms ke gw dan Jo yang inti sms nya kita harus bayar tuh makanan, jangan jadi gretongan, minimal bayar 50rb, karena kami makannya buas dan pada nambah semua. Yup, setelah hampir 2 jam di warung bang Sitorus ini, kami pamitan pulang, dan masuk ke dalam warung makan, ada mba-mba disana. Waktu mau nanya harga, bang Sitorus langsung bilang ga usah bayar, masa abang sendiri makan dirumah harus bayar, kata bang Sitorus. Waduh, repot deh, kita udah maksa terus, untuk bayar, ga enak juga, karena kita tadi udah buas banget makannya. Faisal malah kasih ide untuk naro duitnya di meja gitu. Itu sih malah ga sopan, karena abang Sitorus tadi udah nganggep kita sebagai tamu dan malah saudara. Mauliate godang bang Torus…sae Tuhanta ma na mambalos tu sude na ni parade ni abang tu hami ate….

Mantap nian nih orang batak!!! Faisal aja langsung komen, wah…kita harus buat kaos nih “Proud to be batak…” atau “Saya batak!!!”, jadi kalau jalan bisa aman. Huahahaa….

Sayonara Karimun Jawa
Ferry to Jepara...6 hours of journey to Jepara
Pulang ke penginapan Karimun Indah, langsung tidur, da cape seharian beraktifitas. Bangun pagi langsung siap-siap mandi dan menuju pelabuhan. Kapal ferry yang kami tumpangi berangkat pada pukul 08.00. Kapal ferry pulang dari Karimun Jawa kapal ferry biasa, bukan kapal ferry cepat, waktu tempuh menjadi lebih lama hingga 6 jam. Dan uniknya kapal ferry ini dipenuhi oleh beraneka ragam barang dari hewan, kelapa, mobil, motor, ikan, dan barang-barang dagangan lainnya. Penuh banget sampai susah naek ke atas. Motor menutupi tangga, petugas juga ga cepat ngatur letak motor dan mobil di ferry.

Pulang bareng dengan Nyiet-Nyiet dan Yaya tapi duduk mereka terpisah, Nyiet-Nyiet pokok kiri depan dan Yaya pojok kanan belakang, diagonal lah ceritanya. Aktifitas di ferry selama 6 jam, tidur dan makan. Tiba di Jepara udah jam 2. Jalan kaki menuju terminal Jepara, backpacker abizzz, backpacker kere lebih tepatnya. Mayan juga ternyata, tapi masih kalah dengan perjalanan dari stasiun Tawang ke Simpang Lima. Hal pertama yang dilakukan di terminal Jepara adalah, makaaannn…laper cuy…!

Sekitar jam 3 lewat bis jurusan Jepara – Semarang pun meluncur, makan waktu 3 jam. Bis nya sih seperti metro mini, penumpang yang ga kebagian duduk berdiri dan bis nya penuh, metro mini abis deh. Jam 6 tiba di Semarang di lanjut menuju stasiun Poncol naek angkot, makan waktu hampir 30 menit. Nyampe di stasiun Poncol ternyata tiket ekonomi jurusan Jakarta untuk yang duduk sudah habis. Apa daya, kita sepakat untuk naek kereta bisnis dari stasiun Tawang, untuk ngejar waktu naek taksi. Ternyata kereta bisnis dari stasiun Tawang pun sudah penuh untuk kelas bisnis, kita ditawari naek kereta eksekutif pukul 10 malem dengan harga tiket Rp. 190.000,-, you know what? Untuk satu kata yang dikenal dengan nama “kenyamanan” kita memilih tiket eksekutif :D, AC, dikasih bantal, selimut ada snack nya juga…, please Ryan, Mba Eko, Mba Deny, dilarang protes… hahhahahaa…kami maklum atas penderitaan kalian naek kereta ekonomi, non seat pula, kalian memang tidak modal!!! Wakakakaka… Otomatis pengeluaran untuk backpacking kali ini bengkak abis, tekor di bis berangkat ke Semarang, tekor lagi naek kereta dari Semarang ke Jakarta.

Tiba di Jakarta udah jam setengah enam pagi, ke rumah Faisal nebeng mandi. Langsung ngantor…mantap dah…pegelnya ampun-ampun…

That’ all folk! It’s a great moment!!!

Fyi, kalau mau ke Karimun Jawa, silahkan menghubungi Mas Ari 081325131608, orangnya baek banget, beliau akan menyiapkan semua kebutuhan disana, dari penginapan, makan, perahu, alat snorkel, diving, just call him. Mas Ari ini sangat memperhatikan konsumennya, kita akan ditelpon terus lagi dimana, sedang apa untuk memastikan kita menikmati selama berada di Karimun Jawa. Kalau makanan sudah siap, akan ditelpon untuk ngajak makan. Yang paling luar biasa menurut gw, sewaktu balik dari penginapan menuju Pelabuhan, mas Ari coba cek kami ke kapal Ferry apakah sudah di dalam apa engga, untuk memastikan kami tidak ketinggalan kapal, karena sekali ketinggalan harus menunggu beberapa hari ke depan. Mas Ari nelpon, trus nyusul ke pelabuhan, kami belum tiba di pelabuhan, masih jalan kaki karena keluar dari penginapan ke pasar dulu beli sarapan, kami di tawarin untuk dianterin naek motor beliau karena memang waktu tinggal 10 menit lagi. Luar biasa… cocok nih Mas Ari jadi CRM, Customer Relationship Marketing, thanks Mas Ari untuk semua bantuannya selama di Karimun Jawa… Sesuai pesan Mas Ari, saya akan mempromosikan Karimun Jawa supaya semakin terkenal…

krishna said...

thanks banget buat ceritanya, informatif. kebetulan gw bulan depan mo ke karimun jawa juga. Kalau nyewa perahu untuk keliling-keliling pulau gitu biayanya berapa ya?

de'sweetesTHA said...

Planius,
Thanks atas tulisannya yang menarik dan informatif.

Info tentang kapal cepat sangat membantu.

~THAtoruz~

Anonymous said...

waah mau dong ke karimun, ada no tlp untuk info hotel or org yg bisa bantu pas dikarimun ga? email ku; eve.erosenin@gmail.com

thx ya

Unknown said...

Thanks buanget, tulisan sngt informatif and bagus..., wkt baca spt ikut dlm rombongan. Membuat sy pengin kesana. Once again.., very interesting story. Adiwiwik

Riris Sianturi said...

Horas Ito, makasih y buat sharingnya. Sangat membantu sekali. Kebetulan aku juga ada rencana mau ke karimun. Klo boleh tau kemaren disana abis berapa duit y to?? mau buat kalkulasi juga ne hehehehehe.

Mauliate godang da ito...

O ya kalau tidak keberatan tolong diemail ke riris.eviyani@gmail.com

Mauliate Godang Ito..

Unknown said...

mas minta no hpnya mas ARi dong. rncana november ak mau ke karimun. email aja ya mas k kartika_welly@yahoo.com. makasih

Asia Hotel Review said...

Yang tidak menyenangkan perjalannya itu ya terlalu jauh di lautnya